Dinas Perindag Tebing Tinggi Nagikan 10 Kios dan 48 Stand Pasar Tradisional

 
 Tebing Tinggi  | Indonesia Berkibar News - Dinas Perindag Tebing Tinggi lakukan pembagian 10 kios dan 48 stand pasar tradisional Kecamatan .Rambutan yang berlokasi di Kelurahan .Mekar Sentosa, Kamis(02-08-2018) di aula Dinas Perindag dengan para peminat. Pasar yang dibagikan Kadis Perindag Gul Bakhri Siregar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat tersebut terdiri dari 10 kios dan 48 stand dan diproyeksikan untuk menampung para pedagang yang telah ada selama ini berdagang pada pasar pekanan setiap hari Minggu sore. 

Diharapkan para pedagang yang akan menempati kios-kios di pasar kecamatan tersebut kedepan tetap melaksanakan aktivitas berdagang setiap hari, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sekitaran Mekar Sentosa termasuk juga warga dari Desa Paya Lombang Serdang Bedagai yang berada disekitarnya kata Gul Bakhri didampingi Kasie Perdagangan Hermanto Hutagalung dan Ka UPTD Pasar Erwin Sitorus. 

Menurut Gul Bakhri, keberadaan pasar kecamatan ini diharapkan memunculkan sentra pertumbuhan ekonomi masyarakat pada wilayah pinggiran sekaligus mendekatkan pelayanan agar untuk belanja keperluan sehari-hari tidak mesti ke inti kota dan penghematan biaya transportasi.

 Dikatakan bahwa dalam pembagian kios tersebut telah dilakukan verifikasi terhadap permohonan yang masuk serta melakukan interview dan konfirmasi kesediaan pedagang untuk mematuhi ketentuan sebagaimana dipersyaratkan dalam Peraturan Walikota tentang 
Pengelolaan Pasar. 

Pihak Dinas Perdagangan juga sebelumnya telah menyiapkan kelengkapan administrasi berupa Kartu Identitas Pedagang (KIP), Surat Perjanjian Sewa dan lain-lain dengan maksud agar jangan sampai kios dan stand yang telah dibagikan dialihfungsikan atau disewakan kepada pihak lain. 

Besarnya animo masyarakat (untuk berdagang) dilihat dari banyaknya permohonan yang masuk dan telah dilakukan seleksi dengan berbagai pertimbangan sehingga yang terpilih adalah pedagang yang benar-benar prioritas. Selanjutnya dalam penetapan pedagang yang mendapatkan kios dan stand tanpa dikenakan biaya kecuali retribusi resmi sesuai tarif Peraturan Daerah (Perda),terangnya.

 Terkait soal pengisian kios dan stand di lokasi pasar kecamatan lainnya, Gul Bakhri menjelaskan bahwa untuk Pasar Kecamatan Padang Hilir (Sei Sigiling) dan Pasar Induk di Jalan AMD Kecamatan Padang Hulu, sedang dilakukan pemenuhan kelengkapan fasilitasnya dan akan diupayakan secepatnya. “Kami akan bekerja terus melakukan percepatan termasuk optimalisasi pasar yang sudah ada selama ini,ujar Gul Bakhri.(torong)