Wali Kota Medan Hadiri Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

5 Agustus 2018


Medan | Indonesia Berkibar News - Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si menghadiri Pembukaan Festival Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang, Sabtu (04-08) di Medan Club.

Peringatan yang  tahun ini mengambil tema "Perkuat Kemitraan Regional Indonesia Jepang-Indonesia Menuju Penciptaan Ecosociety  di Medan dan Sekitarnya".  Tampak pula hadir dalam acara ini Konsulat Jenderal Jepang, Takeshi Ishii, Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Noval Mahyar, SH, Wali Kota Tebingtinggi, Ir. H. Umar Zunaidi, MM, Irwasda Poldasu, Kombes. Pol. Drs. Lilik Arga Tajana, M.Si, Ketua AOTS Sumut, Khairul Mahali, Wakil Rektor 4 USU, Prof. Dr. Ir. Bustami Syam, M.Si, dan Ketua Medan Japan Club Prof. Hiroomi Homma.

 Wali Kota menyebutkan, tema yang dipilih dalam Peringatan ini sangat erat dengan isu lingkungan hidup, yaitu tentang masyarakat berwawasan lingkungan.

"Tentu masih banyak cara untuk menjaga kelestarian alam, namun upaya ini harus dilakukan secara terintegrasi dengan semua pihak, terutama masyarakat," ujar Wali Kota seraya menambahkan, masyarakat merupakan kunci keberhasilan dalam menjaga lingkungan tetap lestari.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Medan Japan Club, Hiroomi Homma, memaparkan, Indonesia dan Jepang telah membuka hubungan diplomatik sejak 1958 dan kedua negara merayakan pembukaan hubungan diplomatik itu setiap sepuluh tahun. Tahun ini perayaan itu diadakan di berbagai tempat di Indonesia.(bundo)