BPK RI Perwakilan Sumut Dorong Sergai Raih WTP

4 Februari 2019
Sei Rampah | Indonesia Berkibar News - Kunjungan Kerja dan Rencana Tindak Lanjut Audit Internal Kepala Badan Pemerika Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) ke Kabupaten Serdang Bedagai di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (06-02-2019).

Hadir  Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H Darma Wijaya, Kepala BPK Perwakilan Sumut Dra V.M Ambar Wahyuni, MM, Akan, CA beserta jajaran, Sekdakab Drs. H. Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengapresiasi dan kehormatan serta ucapan terima kasih atas kehadiran Kepala BPK-RI Perwakilan Provsu beserta jajaran dalam rangka kunjungan kerja rencana tindak lanjut audit internal ke Kabupaten Serdang Bedagai.

Kami merasa sangat perlu dorongan dan masukan dari BPK-RI Perwakilan Provsu atas permasalahan yang terjadi guna perbaikan pengelolaan keuangan sesuai penilaian antara lain : pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) baik dokumen maupun pelaksanaannya dilapangan, pengelolaan Asset daerah agar selaras dengan inventarisasi, Legitimasi hukum atas hak penetapan infrastruktur, proses serah terima dan keselarasan nilai asset SMA/SMK dengan Pemprov Sumut.

Pada hari ini meskipun untuk kegiatan 2018 ada pencapaian yang diterima Pemkab khususnya apresiasi prestasi pengelolaan keuangan yang belum mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), kami menyadari hal ini menyangkut reputasi kerja yang telah terukur dan terinventarisir dengan baik serta masalah regulasi serta kompetensi.

Untuk itu dimohon saran dan petunjuk BPK-RI agar kiranya capaian yang lain dapat berkorelasi positif dengan pencapaian pengelolaan keuangan yang sesuai penilaian dari BPK agar menjadi lebih baik.

“Saya yakin dan memotivasi agar kita dapat meraihnya sebab kita memiliki potensi yang besar untuk itu. Satu tekad, satu arah dan satu tujuan menjadikan kabupaten Sergai menjadi lebih baik, unggul dan inovatif,” pungkas Bupati.

Kepala BPK Perwakilan Sumut Dra V.M Ambar Wahyuni, MM, Akan, CA mengatkan untuk tahun 2019 ini, Kabupaten Sergai menjadi kabupaten yang ke 23 di Provinsi Sumatera Utara yang kami jadikan lokasi koordinasi, supervisi dan audit keuangan.

"Audit dilakukan bukan untuk mencari-cari kesalahan, namun membina agar diperbaiki apa yang belum tepat menjadi tepat dan sesuai ketentuan. Dan kunjungan ini kami lakukan agar Kabupaten Sergai dapat mengikuti daerah lain yang mendapatkan opini WTP.Permasalahan asset dan pertanggungjawaban menjadi hal yang sangat mempengaruhi penilaian opini," paparnya.(fit)