90 Pelaku Usaha Dan Badan Usaha Ikuti Sosialisasi OSS

Bener Meriah | BMN - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP)  Kabupaten Bener Meriah menggelar sosialisasi Online Singel Submission (OSS) Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu Untuk Publik (Sicantik) Cloud kepada pelaku usaha dan badan usaha di Aula BLK Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Rabu (20-11-2019).

Kadis PMPTSP Kabupaten Bener Meriah Marwan dalam laporannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi tersebut di ikuti sebanyak 90 orang peserta yang terdiri dari para pengusaha, pelaku usaha, badan usaha, Cv, PT, serta usaha perorangan di wilayah Kabupaten Bener Meriah.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari terhitung sejak tanggal 20 hingga 21 November 2019 di Aula serbaguna Balai Latihan Keterampilan (BLK) Pante Raya, Wih Pesam.

Untuk hari pertama diperuntukkan bagi pengusaha, pelaku usaha, badan usaha, CV, PT dan usaha perorangan, Untuk hari kedua diperuntukan bagi tenaga teknis, Dinas terkait, dan camat, Acara ini juga menghadirkan  narasumber dari DPMPTSP Aceh dan DPMPTSP Aceh Timur,”terang Marwan.

Selain itu katanya, sistem OSS atau pelayanan perizinan berusaha terintegritas secara elektronik, nantinya dapat dirasakan bagaimana kemudahan yang akan dirasakan, sehingga mempercepat perizinan berusaha dan mempermudah pelaku usaha.

Kadis PMPTSP Bener Meriah itu menerangkan, bagi pengusaha baik yang baru ataupun lama yang belum terdaftar, pihaknya akan melakukan pendaftaran secara online di Aula BLK tersebut.

Sementara itu, Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi saat membuka kegiatan sosialisasi Online Singel Submission (OSS) Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) dan Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu Untuk Publik (Sicantik) Cloud mengharapkan, agar pengurusan perizinan dipermudah, cepat, dan murah.

Bupati Tgk. H. Sarkawi mendorong para pelaku usaha untuk bisa memanfaatkan media elektronik untuk mempromosikan dan menjual produk-produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. “Kami sudah pernah bertemu dengan pemilik Bukalapak online, dan kami telah meminta kepada pemilik bukalapak itu untuk memberikan ruang kusus untuk industri-industri kecil Kabupaten Bener Meriah, dan beliau merespon apa yang kami sampaikan tersebut,”ujar Tgk. H. Sarkawi.

Bupati Bener Meriah Abuya Tgk. H. Sarkawi mengingatkan, ALLAH SWT sudah menggariskan kalau pintu rezeki itu 90 persen dari perdagangan. Kedepan kata bupati, untuk meningkatkan perekonomian, Kabupaten Bener Meriah tidak hanya terpokus di bidang pertanian, “namun, sektor wisata juga akan kita galakkan. Parawisata merupakan salah satu bidang yang cepat dan mudah mengerakan perekonomian,”kata Bupati.

Dia mencontohkan kalau wisata dapat cepat mengerakan perekonomian adalah daerah Banyuwangi, yang awalnya terkenal dengan santet, kini telah berganti dengan parawisatanya yang kini telah dikenal luas. “Bener Meriah yang memiliki wisata yang begitu kaya, kenapa tidak kita manfaatkan untuk menggerakkan ekonomi kita bersama. Semoga sosialisasi ini dapat menjadi ilmu dan memberi manfaat bagi pelaku usaha dalam menjalankan usahanya,”Demikian Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi.(hamdani )