Sekda Buka Pendampingan Evaluasi dan Percepatan Reposmasi Birokarasi Pemkab Bener Meriah

Bener Meriah | Indonesia Berkibar News -  Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si membuka kegiatan pendampingan evaluasi terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SKIP) dan percepatan reposmasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, Senin (25-11-2019) di Aula Setdakab setempat.

Kepala Bagian Organisasi Setdakab Bener Meriah Ridha Ma’ruf, SKM selaku Ketua Panitia kegiatan tersebut dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setdakab Bener Meriah tersebut akan berlangsung selama satu hari penuh, “kegiatan kita mulai dari pukul 09:00 WIB hingga selesainya nanti pukul 17 :00 WIB di Aula Setdakab Bener Meriah ini,”kata Ridha.

“Nantinya mereka akan menyampaikan terkait evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Bener Meriah. Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Organisasi Perangkat Daerah/SKPK dijajaran pemerintah Kabupaten Bener Meriah. Evaluasi Reformasi Birokrasi dijajaran Pemkab Bener Meriah,”ujarnya.

Sementara itu Firmansyah selaku Evaluator dari Kementerian PANRB Indonesia menyampaikan, SAKIP diperlukan untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, efektif, dan efisien. 

Penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuyk membiayai program atau kegiatan prioritas yang mendukunng pencapaian tujuan pembangunan.

Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran Kementerian PANRB Firman menegaskan, komitmen kuat dari pimpinan instansi pemerintah merupakan faktor penting dalam mengimplementasikan SAKIP.

 “Kami hadir di sini untuk melakukan evaluasi SAKIP. Untuk meningkatkan nilai SAKIP harus perlu ada komitmen semua, dari pimpinan atas hingga pelaksana harus sama-sama berbuat,”kata Firman.

Sementara itu Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam arahannya yang disampaikan Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si penyelenggaran sistem akuntabilitas kinerja Instansi pemerintah dilaksanakan untuk menghasilkan sebuah laporan kinerja yang berkualitas dan selaras serta dengan tahapan yang benar.

“Dengan sistem SAKIP ini kita dapat mewujudkan efektipitas dan efesien pada penggunaan anggaran di lingkungan pemerintah dan juga menyusun tujuan dan sasaran yang jelas serta berorientasi pada hasil. Dengan SAKIP ini pemerintah dapat merumuskan ukuran keberhasilan yang jelas dan terukur serta menetapkan priogram/kegiatan yang berkaitan dengan sasaran yang akan dicapai,”ujar Sekda.

Sekda mengharapkan, agar seluruh peserta yang hadir dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh, karena menurut Sekda, untuk menghadirkan Tim dari Kementerian PANRB sangatlah sulit, maka dia berharap peserta harus serius. (Ken,Dani )