Wali Kota Harap Kaum Lansia Dapat Terus Diberdayakan

1 Agustus 2018
Medan | Indonesia Berkibar News - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi berharap agar para lanjut usia (lansia) dapat terus diberdayakan dalam setiap gerak pembangunan dengan memperhatikan fungsi-fungsi kearifan, pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan pengalaman yang dimiliki individu lansia. 

Dengan demikian di usia yang menjelang senja, mereka masih dapat berkarya di lingkungan masyarakat. Harapan ini disampaikan Wali Kota diwakili Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis ketika menghadiri Hari Lansia Tingkat Kota Medan 2018 di Gedung Dharma Wanita Jalan Rotan Medan, Selasa (31-07-2018).

 Acara ini diikuti ratusan lansia dari seluruh kecamatan di Kota Medan. Dikatakan Wali Kota, peran masyarakat sangat diperlukan guna mewujudkan dan memberi kesempatan maupun peran kepada kaum lansia. Walaupun diakuinya di tengah masyarakat banyak sekali para lansia yang sangat produktif dan potensial maupun non potensial

 “Tentunya upaya peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat, khususnya para lansia yang ada di Kota Medan akan terus diarahkan agar mereka dapat terus diberdayakan dalam setiap gerak pembangunan,” kata Sekda membacakan sambutan tertulis Wali kota. 

 Untuk itulah melalui momen peringatan Hari Lansia ini, Wali Kota mengajak seluruh masyarakat agar membantu menciptakan suasana yang mendukung terjadinya perubahan dan perilaku lansia supaya tetap sehat dan produktif melalui promosi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. 

 Kemudian imbuh Wali Kota, menciptakan lingkungan ramah lansia yang mendollrong kesehatan dan partisipasi aktif lansia. Lalu menyediakan layanan kesehatan yang ramah lansia dan mempertimbangkan pandangan lansia dalam setiap pengambilan keputusan.

“ Di samping itu menyadari nilai kearifan lansia dan membantu mereka berpartisipasi dalam keluarga dan masyarakat,” ungkapnya. 

Dihadapan Drs Sabdin Harahap MPd mewakili Ketua Lembaga Lansia Kota Medan Drs, Kabag Sospen Setda Kota Medan Ahmad Raja Nasution, sejumlah pimpinan OPD, pengurus TP PKK Kota Medan serta para lansia, Wali Kota berharap agar jajaran Pemko Medan dan seluruh komponen masyarakat dapat menghadirkan good society sehingga Kota Medan memiliki peradaban yang mulia dan semua dapat memaknai lebih mendalam untuk bisa mencintai para lansia.

 Sementara itu menuru Ahmad Raja, peringatan Hari Lansia kali ini mengusung tema, “Lansia Sejahtera Masyarakat Bahagia”. Adapun tujuan kegiatan ini digelar, jelasnya, sebagai bentuk kepedulian dan penghormatan Pemko Medan terhadap para lansia. Kemudian mendorong lansia untuk tetap aktif, sehat dna sejahtera dalam kehidupan sehari-harinya.

“Selain itu kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai sarana silaturahmi para lansia untuk bertemu dan bertukar pengalaman dalam mengisi hari-hari masa tua mereka masing-masing,” papar Ahmad Raja.(bundo)