Bupati Sergai Apresiasi Yayasan Bitra Dan CRI

7 November 2018

Sei Rampah | Indonesia Berkibar News  - Bupati Sergai  Soekirman Terima kunjungan   Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA)  dan Combine Resource Institution (CRI), Ruang Kerja Bupati, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah Selasa (06-11-2018).

Direktur Pelaksanan BITRA Indonesia Rosdiana  menggandeng CRI kepada Bupati Soekirman, Rusdiana mengatakan bahwa Yayasan BITRA merupakan mitra CRI dalam mengimplementasikan Sistem Informasi Desa (SID) yang kini telah dikembangkan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Dahulunya kami yang belajar tentang SID dengan CRI dan kini telah kami terapkan di Sergai.

"Saat ini Kabupaten Sergai telah memiliki 131  desa yang sudah dilatih untuk pengembangan SID, dan kedepannya diharapkan desa-desa lainnya segera menyusul untuk memnfaatkan teknologi dengan membentuk SID di daerahnya,"paparnya.

Manajer Unit Pengelolaan CRI Elanto Wijoyono mengatakan BITRA dan CRI sedang mengupdate informasi terkait dengan SID yang kini juga sedang ditindaklanjuti. Sedangkan untuk inisiatif tindak lanjut SID, beberapa daerah sudah bisa mengadopsi ide-ide yang sudah dipermulasikan.

Bupati Sergai Ir H Soekirman memberikan apresiasi kepada Yayasan BITRA dan CRI. Hal ini merupakan langkah yang patut untuk diapresiasi. Namun semua itu perlu dilakukan evaluasi tentang pengembangan SID ketahap lebih lanjut. Seperti halnya yang ada di Desa Tanjung Harap Kecamatan Serbajadi yang telah melakukan promosi dan penjualan lewat SID dan hasilnya banyak sekali permintaan dari masyarakat. Hal ini tentu berdampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat desa tersebut.

"Revolusi industri 4.0, tentu kita semua dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. Beberapa waktu yang lalu, jajaran Pemkab Sergai melakukan lawatan ke Pemkot Bandung untuk mengadopsi e-SAKIP dan Whistle Blowing System (WBS). Hal ini merupakan salah satu upaya dalam menciptakan tatanan pemerintahan yang baik dan bersih," paparnya.

Kepala Bappeda Sergai Ir Hj Prihatina, M.Si mengatakan sisi perencanaan telah dilakukan sinkronisasi antara desa dan kabupaten seperti penyusunan RPJMD-RPJMDes. Dengan adanya SID diharapkan juda dampak perubahan ekonomi di desa.(torong/zul)