Wabup Sergai Darma Wijaya Buka MTQ Ke XV

26 Februari 2019

Penggajahan | Indonesia Berkibar News -Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XV tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2019  di Alun-alun Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan diawali dengan pawai ta'aruf dari berbagai kecamatan se-Sergai
,Selasa (26-02-2019).

Wabup Sergai H Darma Wijaya,Unsur Forkopimda,Sekdakab Drs Hadi Winarno,Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya,Ketua DWP Ny Hj drg Khairani Hadi Winarno, Kakan Kemenag, Ketua MUI Sergai, Para Asisten ,Staf Ahli Bupati, Kepala OPD,Camat.

Wabup Sergai H Darma Wijaya mengatakan Kitab suci Al-Quran adalah Kalam Allah SWT yang diturunkan untuk menjadi tuntunan dan pegangan bagi umat manusia agar memperoleh kebahagiaan baik dunia maupun akhirat. Selain berisi nilai2 keimanan Al-Quran juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukkan bagi umat manusia. Al-Quran juga berisi kisah2 sejarah dan pesan2 moral yg luhur dan agung. Untuk itu salah satu upaya umat Islam dalam menjadikan Al-Quran berfungsi demikian adalah dengan melaksanakan MTQ.

"Kegiatan MTQ bertujuan untuk menyiarkan agama Islam namun secara pribadi bnyk ygdnjadikcn MTQ sebagai ajang motivasi, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Quran.

 Dengan mengusung tema " melalui MTQ XV Kabupaten Serdang Bedagai kita jadikan Al-Quran sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan bermasyarakat yang religius dan berkelanjutan," paparnya.

Jadikan MTQ XV ini sebagai pondasi untuk menjadikan masyarakat terutama generasi muda yg peduli, kreatif dan senantiasa melakukan perubahan kearah perbaikan serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi penerus daerah-daerah bangsa yang Qurani,harapnya.

Ketua Panitia MTQ XV Drs Hadi Wirnano yang dibacakan oleh Kakan Kemenag Sarmadan  Nur, M.Pd  Maksud dan tujuan MTQ XV adalah meningkatkan kemampuan seni membaca Al-Quran sekaligus memberikan motivasi pada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari,diselenggarakan pada hari Selasa-Sabtu tanggal 26 Februari hingga 2 Maret 2019.

"Kegiatan diikuti oleh 708 peserta dari 17 kecamatan. Adapun cabang-cabang yg diperlombakan sebagai berikut:- cabang Tilawatil Quran sebanyak 131 orang,cabang Qiraat Sl-Quran sebanyak 92 orang, cabang Hifzil Qur'an sebanyak 144 orang,cabang Tafsir Al-Quran sebanyak 45 orang, cabang Fahmil Qur'an sebanyak 93 orang,carang Syarhil Qur'an sebanyak 78 orang,cabang Khattil Qur'an sebanyak 101 orang,cabang Makalah Qur'an sebanyak 24 orang," paparnya.(fit)