Ini Harapan Tgk Adex Kepada Ikatan Persatuan Ulama Dayah Dan Balai Pengajia Sekecamatan Baktiya

Acèh Utara | Indonesia Berkibar News - Ikatan persatuan ulama dayah dan balai pengajian sekecamatan Baktia dikukuhkan dan dilakukan musyawarah bersama yang berlangsung di Aula Kecamatan setempat, Rabu (27-03-2019).

Sekjen Ikatan persatuan ulama dayah dan balai pengajian sekecamatan baktia, Tgk Safaruddin yang di dampingi oleh Bendahara Tgk Lukman Hasan atau yang akrap disapa Apa Loek Menyatakan, pengukuhan serta musyawarah ikatan persatuan ulama dan dayah bertujuan untuk  pempersatukan ulama dan Para teungku yang ada dalam kecamatan baktiya.

" Dengan terbentuknya Furom persatuan ulama seperti ini, kita lebih untuk  meningkatkan pemahaman generasi pemuda di bidang agama.Di karnakan lingkungan terjaga dengan kebersamaan tokoh- tokoh agama," Ujar Safaruddin.

Dikatakan Tgk Safaruddin, untuk mendidik watak Para generasi muda yang berbudi luhur diawali dengan Pendidikan akidah melalui dayah dan balai - balai pengajian.

" Kegiatan hari ini, alhamdulillah, tadi juga sudah terbentuk forum ummi- ummi dayah dan balai pengajian untuk memperkuat syariah di dalam kehidupan masyarakat dan Para kaum ibu -ibu." Ungkap Tgk Safaruddin.

Safaruddin juga menyebutkan, kegiatan yang di lakukan ini lebih untuk menyematkan generasi muda dan menjaga lingkugan serta untuk mencegah penekalan - penekalan akidah di dalam masyarakat.

Sementara Itu di sela sela Kegiatan, Anggota DPRK Acèh Utara dari Partai Aceh, Tgk Mawardi M, SE  sapaan akrab Tgk.Adek di sela sela Kegiatan kepada Wartawan Media ini menyatakan dengan adanya ikatan ulama dan guru – guru balai Pengajian, akan menciptakan sebuah persatuan dan kesatuan.

“Dengan adanya ikatan persatuan ulama dayah seperti ini akan memberi informasi, serta dampak terhadap ilmu agama, terutama di bidang Balai Pengajia, Pasantren, dan Dayah yang ada di Kecamatan Baktiya,” Ungkap Tgk. Adek

Tgk Adex juga menyebutkan, Khusus untuk provinsi Aceh ada kekhususan tersendiri maupun  Undang – undang sendiri dan provinsi Aceh juga sudah diakui sebagai Daerah Syariat. Maka DPR Acèh Parlemen hari ini telah memperjuangkan hal itu.

" Kami di DPRK Aceh Utara juga mengikuti instrumen Hukum yang ada, dan tidak mungkin di Aceh tidak dilaksanakan Pembangunan dan bisa di anggarkan dana untuk balai pengajian dan Dayah, karena Aceh daerah khusus, kita juga ada Undang – Undang tersendiri yaitu Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2016." Ujar Tgk Adex

Dalam pengukuhan Ikatan Persatuan ulama dayah dan balai pengajian di Kecamatan Baktiya berharap agar persatuan hari ini yang sudah di terjalin agar terus berlanjut artinya ada kepengurusan, ada Dewan Pembina, dan ada ketua. Maka dengan adanya forum itu, agar mendidik generasi yang berakhlak, berakidah sesuai dengan Daerah bersyariat.(Khaini Ahmad)