Walikota Medan Cek Harga Jelang Puasa

29 April 2019
Medan | Indonesia berkibar News -  Jelang sepekan memasuki  bulan suci Ramadhan 1440 H, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  meninjau Pasar Tradisionil Sei Sikambing  dan Pasar Modern Brastagi Supermarket di Jalan Gatot Subroto Medan,  Senin (29-04-2019). Selain mengecek harga, peninjauan juga dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok mencukupi. Dengan demikian masyarakat, terutama umat Islam tenang dalam menyambut datangnya bulan yang penuh kemuliaan tersebut.

Peninjauan dilakukan Wali Kota bersama unsur Forkopimda Kota Medan diantaranya Dandim 0201/BS Kol Inf Yuda Rismansyah, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhawan Lubis, perwakilan dari Polrestabes Medan dan Kejari Medan, Asisten Ekbang Khairul Syahnan, sejumlah  pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait serta Kabag Humas Ridho Nasution.
                
Wali Kota beserta rombongan mengawali peninjauan di Pasar Tradisionil Sei Sikambing. Harga bahan kebutuhan masih relatif stabil, kenaikan harga hanya terjadi pada beberapa komiditi seperti gula putih yang kini harga jualnya menjadi Rp.12.500/kg, sebelumnya hanya Rp.11.500/kg. Berdasarkan pengakuan  Udin MS (52), salah seorang pedagang, kenaikan gula terjadi karena kekosongan barang di gudang.

Kemudian cabai merah, harganya mulai pedas dari Rp.36.000/kg kini mulai merangkak naik sehingga dijual kepada masyarakat di kisaran Rp.38.000-Rp.40.000/kg. Diikuti cabai hijau, harga jualnya kini Rp.28.000/kg, sedang sebelumnya hanya Rp.24.000/kg. Kemudian tomat, harga jual di pasaran naik Rp.1.000/kg  dari Rp.12.000/kg kini menjadi Rp.13.000/kg. “Kenaikan terjadi mulai hari ini,” beber Jeni (48), salah seorang pedagang sayur kepada Wali Kota.

Meski harga sejumlah komiditi mulai merangkak naik namun  ada juga yang mengalami penurunan, sebut saja  bawang putih, sebelumnya dijual dengan harga Rp.51.000/kg, kini turun menjadi Rp.48.000/kg.  Begitu juga dengan bawah merah, mengalami penurun sebesar Rp.4.000/kg karena harga sebelumnya sebesar Rp.36.000/kg kini menjadi Rp.32.000/kg.

Sedangkan harga daging masih relatif stabil, belum ada kenaikan. Berdasarkan pengakuan sejumlah pedagang dari los (tempat penjual) daging, harga daging sapi masih stabil di kisaran Rp.110.000/kg.  Begitu juga dengan harga daging kambing, tetap stabil Rp.85.000/kg. Mereka memprediksi kenaikan harga daging baru terjadi tiga hari jelang bulan puasa. “Kemungkinan harga daging sapi bisa naik di kisaran Rp.120.000-Rp.130.000/kg,” ungkap salah seorang pedagang daging sapi.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, Wali Kota melihat harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisionil masih relatif stabil. Meski demikian Wali Kota mengakui ada kenaikan seperti cabai merah, gula pasir, cabai hijau dan tomat. Meski demikian kenaikan yang terjadi masih relatif aman dan tidak terlalu signifikan.

“Untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga, kita bersama instansi terkait akan melakukan operasi pasar.  Dengan operasi pasar yang akan dilakukan, insya Allah harga bahan kebutuhan pokok yang sempat naik dapat  turun kembali. Di samping itu pasokan stok bahan kebuthan pokok akan terus disuplai ke pasar guna mencegah terjadinya kelangkaan. Sebab, stok bahan kebutuhan pokok kita aman hingga 3 bulan ke depan,”  kata Wali kota.

Selanjutnya guna mengantisipasi terjadi penimbunan barang, jelas Wali Kota, Tim Satgas Pangan akan diturunkan  untuk melakukan pengawasan di seluruh pasar tradisionil  di Kota Medan, termasuk seluruh distributor. “Jangan lakukan penimbunan, sebab stok bahan kebutuhan pokok di Kota Medan dipastikan aman,” tegasnya.

Wali Kota beserta rombongan selanjutnya melakukan pengecekan harga di Pasar Moder Brastagi. Hal itu dilakukan untuk membandingkan harga jual bahan kebutuhan pokok di pasar tradisonil dengan pasar modern. Dari hasil peninjauan terjadi perbedaan harga, seperti harga daging sapi Rp.139.900/kg, ayam boiler 36.900/kg dan ayam kampung Rp.69.900/ekor.

Perbedaan harga ini terjadi karena  daging sapi maupun ayam dijual dalam bentuk telah dikemas dengan baik.  Sedangkan harga bahan kebutuhan pokok lainnya seperti tepung terigu, minyak goreng, gula pasir juga masih relatif stabil dan belum ada menunjukkan tanda-tanda kenaikan. (bundo)