Alhamdulillah, Gubsu Siapkan 50 Ha Lahan AHBK

25 Juni 2019


Medan | Indonesia Berkibar News - Memang, Allah selalu saja memberikan  alur pemikiran dikategorikan "briliant" kepada  Gubsu H.Edy Rahmayadi  untuk kepentingan  umat.  Kini, sang "maestro" bahasa Italia adalah  pemimpin, sedang  merencanakan membangun Asrama Haji Baru Kualanamu (AHBK). Rencana mulia Edy  Insha Allah  akan dimulai  tahun depan tepatnya 2020. Kok, gitu kilat ya. Kenapa gak, karena, Edy bilang pihaknya telah mempersiapkan lahan  seluas 50 hektar berlokasi di kawasan  Kualanamu kabupaten Deliserdang, kini masih dipimpin  Bupati Anshari Tambunan.

" Pembangunan Asrama Haji yang baru itu dimulai tahun 2020.  Saya siapkan lahan 50 hektare di dekat Kualanamu. Dengan  adanya  AHBK   sehingga memiliki akses yang mudah dan lebih dekat menuju Bandara Kualanamu bagi  para calon jema'ah Haji yang akan berangkat Ke Tanah Suci  Madinah-Makkah," ujar Edy.
    
Rencana mulia ini  disampaikan Gubsu Edy usai  melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji  (PPIH) tahun 1440H/2019 di Asrama Haji Medan ( Ahmed) Pangkalan Mahshur/A.H Nasution Medan,Selasa (25-06-2019)

Menurut Edy   Ahmed  yang ada saat ini di Jalan AH Nasution Medan,  sudah tidak strategis lagi, karena jaraknya jauh dari bandara. Tidak seperti dulu, ketika Bandara Polonia masih beroperasi. Asrama haji haruslah memiliki akses yang mudah dan dekat menuju bandara,imbuhnya.
 
Dikesempatan itu  Gubsu Edy menerima masukan dari pihak pengurus Ahmed  agar membangun Asrama Haji dekat dengan Islamic Centre yang rencananya juga akan dibangun di kawasan tersebut. Asrama Haji nantinya akan didesain menyerupai kondisi di Mekah, Madina dan tempat lain yang akan dituju jamaah haji di sana.

"Insya Allah mulai tahun depan, 2020 sudah bisa kita mulai ini, ini akan kita desain lebih baik, jadi orang berangkat haji ada gambaran sebelum berangkat," Ujar Edy mendukung positif.

Sehubungan pelantikan PPIH, Edy berpesan agar para panitia dan petugas haji bisa memperhatikan kondisi emosional jamaah haji yang berangkat. Petugas harus membantu jamaah haji, lantaran banyak yang belum pernah berangkat haji. Untuk itu, petugas harus sigap membantu dan melayani jamaah haji.
 
 "Para petugas  dapat mengatur masyarakat yang hendak mengantarkan keluarganya berangkat haji, agar semua orang senang dan bahagia. Mengantar berhaji ini kan sudah budaya di Sumatera Utara, satu yang berangkat, 2 bus yang mengantar, karena ini adalah kebahagiaan bagi yang diantar maupun yang mengantar, makanya petugas harus memahami," ujar Gubsu mewanti-wanti.
   
Sebagaimana tahun tahun sebelumnya  diacara pelantikan PPIH itu , turut disajikan  beberapa  jenis menu makanan sehat  yang dimasak oleh pemenang tender, yang nantinya  akan dikonsumsi oleh para Calhaj  ketika berada di Ahmed sebelum  keberangkatan ke  Tanah Suci.
 
Mengenai  Calhaj akan berangkat tahun ini dari Debarkasi Medan, menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumut Iwan Zulhami  sebanyak 8500 orang. Jumlah tersebut akan terbagi dalam 22 kelompok terbang (kloter). (bundo)