Wagubsu Buka Dan Apresiasi Tebingtinggi Expo 2019,Karena Mendorong Pengembangan UMKM



Tebing Tinggi | Indonesia Berkibar News - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi pelaksanaan Tebingtinggi Expo 2019. Diharapkan acara serupa juga dilaksanakan setiap kabupaten/kota di Sumut, sehingga dapat mendorong pengembangan UMKM yang ada di daerah.

Hal itu disampaikan Wagub ketika membuka secara resmi pelaksanaan Tebingtinggi Expo 2019 di Lapangan Merdeka, Kota Tebingtinggi, Sabtu (03-08-2019) malam.  "Kegiatan ini sangat bagus untuk mempromosikan produk-produk UMKM, juga memperkenalkan potensi daerah, baik itu pariwisata maupun budaya. Karena itu, acara serupa ini harusnya dimiliki oleh setiap kabupaten/kota di Sumut," ujar Wagub.

Melalui kegiatan Expo, kata Wagub, juga diharapkan muncul kreativitas dan inovasi dari anak-anak muda. " Semoga kedepanya acara seperti ini bisa menjadi daya tarik untuk wisata kuliner atau budaya, karena tadi saya lihat banyak anak-anak yang punya bakat," terang Musa Rajekshah.

Hadir Wakil Walikota Tebingtinggi Oki Doni, Ketua Korwil I APEKSi Firdaus, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, Bupati Batubara Zahir, Wakil Bupati Sergai  Darma Wijaya, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dan General Manager PT Pelindo I Cabang Kuala Tanjung Richard Siahaan.

Pelaksanaan Tebingtinggi Expo ini merupakan rangkaian acara dalam memperingati Hari Jadi ke -102  Kota Tebingtinggi, yang juga sekaligus merayakan Hari Bhayangkara ke-73 dan Hari Bakti Adyaksa ke-59, serta Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sedikitnya  ada 61 stan pameran yang diisi dari Pemerintah Kota Tebingtinggi, Pemerintah Kota Medan, Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai, Pemerintah Kabupaten Batubara, Pemerintah Kota Pekanbaru, hingga yang paling jauh juga ada stan pameran dari Pemkab Pekalongan.

Sementara Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, mengatakan Tebingtinggi memiliki visi misi menjadikan sebuah kota jasa. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi daya tarik bagi investor dari luar.

"Insya Allah kita akan adakan event ini setiap tahun, untuk menambah semangat pelaku UMKM yang ada di Tebingtinggi, menjadi kota jasa dan perdagangan bisa kami wujudkan sehingga nantinya dapat mensejahterakan masyarakat Tebingtinggi," papar Walikota.

 Walikota juga menyampaikan, tahun ini memunculkan UMKM asli dari Tebingtinggi, seperti produk Teh Segar Sehat yang merupakan kreasi asli anak muda Tebingtinggi. “ Mereka meramu produk sendiri dan menjualnya ke pasar sendiri, itu membuktikan bahwa entrepreuner mudah bisa lahir dari Kota Tebingtinggi,” harapnya.(torong)