Wakil Wali Kota Kukuhkan Kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan Wartawan Harus Dukung Percepatan Pembangunan Di Kota Medan


Medan | Indonesia Berkibar News - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengukuhkan kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan periode 2019-2021 di Balai Kota, Jumat (30-08-2019). Dengan pengukuhan yang dilakukan, Wakil Wali Kota berpesan agar seluruh wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan dapat mendukung penuh upaya Pemko Medan dalam mendukung percepatan pembangunan lewat pemberitaan ke masyarakat.

Pengukuhan ini dilakukan berdasarkan hasil rapat Wartawan Unit Pemko Medan yang dilakukan beberapa waktu yang menghasilkan keputusan kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan periode 2019-2021 dibawah kepemimpinan Muhammad Edison Ginting dari Harian Waspada. Dengan pengukuhan ini, Edison Ginting tercatat menjadi Ketua Persatuan Wartawan yang berhasil menjabat selama tiga periode.

Selanjutnya, Andre Irsyadi (Harian Global 24 Jam) sebagai Ketua Harian, Dipo Sumarno (Harian Portibi) selaku Sekretaris Umum dan Marhot Harahap (Mimbaronline.com) sebagai Bendahara Umum. Kepengurusan ini akan didukung 8 divisi yakni Perencanaan dan Program, Pelatihan & SDM, Pemberitaan dan Data, Advokasi/Hukum, Sosial-Kehoranian, Pemberdayaan Perempuan, Budaya Seni/Olahraga serta Balitbang.

Dihadapan para wartawan yang dikukuhkan, Wakil Wali Kota berharap agar para wartawan dapat menjalankan tugas sebagai seorang jurnalis dengan sebaik-baiknya. Terlebih selama menjalankan tugas, hendaknya selalu mengedepankan dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Dengan begitu, bilang Wakil Wali Kota para wartawan dapat berperan sebagai social control yang sebenar-benarnya.

‘’Wartawan memiliki tugas penting dalam pembangunan daerah lewat pemberitaan yang konstruktif dan inspiratif. Selain itu, para wartawan juga merupakan mitra bagi Pemko Medan dalam menjalankan dan menyampaikan program-program kerja kepada masyarakat secara efektif. Untuk itu, dengan pengukuhan ini kiranya semakin mengutkan semangat para wartawan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak secara berimbang, terlebih tentang Kota Medan,’’ kata Wakil Wali Kota.

Di samping itu, Wakil Wali Kota juga tidak membatasi setiap wartawan untuk menyampaiakan saran, masukan serta kritikan terhadap Pemko Medan.  Namun, Wakil Wali Kota mengingatkan hendaknya setiap kritikan yang disampaiakan sejalan dengan masukan dan ide-ide konstruktif sebagi bentuk sumbangsih dalam membantu mewujudkan percepatan pembangunan Kota Medan di masa mendatang.

‘’Saya juga mengajak seluruh wartawan untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai social control di tengah-tengah masyarakat. Kemudian, pemberitaan yang disajikan hendaknya dapat menggugah masyarakat sehingga berdampak dengan peningkatan dukungan dan kepercayaan kepada pemerintah. Sebab, pembangunan yang dilaksanakan ini untuk kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,’’ ungkapnya.

Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan ME Ginting dalam sambutan singkatnya, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan, sehingga dirinya kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan untuk ketiga kalinya.

"Terima kasih atas kepercayaan ini, mari kita sama-sama melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang jurnalis yang baik dalam mendukung program Pemko Medan sehingga kita dapat mewujudkan Medan Rumah Kita. Di samping itu, mari kita bangun sinergitas yang baik dengan seluruh OPD di lingkungan Pemko Medan. Terlebih yang penting sinergitas dan soliditas internal harus tetap kita bangun bersama,’’ ujar Ginting.

Kemudian Ginting mengimbau agar seluruh wartawan dapat menjaga nama baik Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan dan senantiasa bersatu untuk bersama-sama berjuang membesarkan nama organisasi sekaligus kesejahteraan para wartawan. Sedangkan kepada seluruh mitra kerja pers, Ginting berharap, agar dapat memahami kerja seorang jurnalis yang berupaya mencari kebenaran untuk disampaiakn kepada masyarakat.

‘’Jika ada kritik yang kami sampaiakan, itu tak lebih demi kemajuan dan perbaikan bersama. Oleh karenanya saya berharap seluruh mitra kerja jangan menutup akses informasi kepada wartawan untuk mendukung objektifitas dalam pemberitaan,’’ harapnya.(bundo)