Naik Trail, Bupati dan Anggota DPRK Bener Meriah Kunjungi Samar Kilang

Bener Meriah | Indonesia Berkibar News - Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, Anggota DPRK  Tgk. Husnul Ilmi beserta tokoh lainnya, dengan mengendarai sepeda motor jenis Trail mengunjungi  Kecamatan Syiah Utama, Samar Kilang  untuk melihat dari dekat berbagai potensi yang ada di daerah tersebut, sekaligus bersilaturrahmi dengan warga dan Tokoh  Masayarakat  Samar Kilang, Kedatangan Bupati beserta rombongan disambut langsung oleh Camat Syiah Utama Khalisuddin, Sabtu(14-09-2019).

Dalam kunjungan tidak resmi tersebut,  Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi kepada Tokoh maupun masyarakat setempat mengatakan,  kunjungan ini,  kami lakukan bukan hanya untuk melihat kondisi masyarakat tetapi sekaligus juga  menyerap aspirasi masyarakat, dan yang tak kalah pentingnya adalah  untuk mempererat tali Silaturrahmi antara pemerintah dan masyarakat Samar Kilang, ungkap Bupati.

“Saat ini Kecamatan Syiah Utama, Samar Kilang, masih dan akan terus berproses dalam tahap pembangunan,baik Infrastruktur, pertanian dan perkebunan, maupun bidang lainnya,  disegala sector, salah satu contoh yang sudah ada di depan mata kita adalah KTM (Kota Terpadu Mandiri) Samar Kilang, untuk itu saya sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama semua pihak agar proses pembangunan nantinya bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama  , pinta Tgk. H. Sarkawi.

 “Di Samar Kilang ini, banyak sekali memiliki potensi yang luar biasa, seperti, zona pertanian dan perkebunan, maupuna tempat-tempat wisata yang mempunyai nilai ekonomi yang luar biasa, pembangunan infrastruktur di Samar Kilang  ini secara bertahap akan  kita benahi bersama-sama,  tentunya harus  sesuai dengan kemampuan daerah kita. Untuk itu,  kita sangat membutuhkan dukungan pemerintah, baik pusat serta Provinsi, maupun Kecamatan Syiah Utama bahkan sampai Pemerintahan  Kampung  serta partisipasi masyarakat dimana, pembangunan infrastruktur maupun pembangunan lainya harus dikerjakan secara bersama-sama, karena membangun itu tidak mudah,” tandas Bupati Tgk. H. sarkawi.

Sementara disisi lain, Anggota DPRK Bener Meriah Tgk. Husnul Ilmi yang baru dilantik beberapa waktu yang lalu pada kesempatan itu meminta kepada  masyarakat Kecamatan Syiah Utama Samar Kilang,  tetap menjaga kelestarian hutan, memanfaatkan hasil hutan non kayu dengan sebaik-baiknya serta maksimalkan pengelolaan lahan yang ada, dimikian pintanya.

”Saya minta mari  secara bersama-sama memaksimalkan lahan yang telah ada dan stop pembukaan lahan baru di kawasan ini,” imbau Tgk Husnul Ilmi .

Sambungnya,  di Samar Kilang, lahan yang sudah dibuka cukup luas untuk di kelola sebagai lahan pertanian. Belum lagi areal sawah yang bisa dimanfaatkan untuk palawija pasca panen padi.  “Kita janganhany  berlomba- lomba untu memiliki lahan luas, tetapi mari menjadikan lahan yang sudah  ada dengan semaksimal mungkin,” ajak politisi PKB  itu.

Lebih lanjut Tgk. Husnul mengungkapkan, potensi hasil hutan non kayu seperti rotan bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan.

“Rotan bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan dari Samar Kilang, tentu saja harus dengan keterampilan, dan kita juga mengharapkan  pihak terkait mesti menaruh perhatian terkait SDM pengolahan rotan ini,” Tgk Husnul mengharapkan.

Disektor  wisata, Tgk Husnul menilai kawasan Samar Kilang sangat berpotensi sebagai destinasi wisata andalan di Bener Meriah. “Sektor wisata harus dikembangkan di kawasan ini,  karena akan berdampak terhadap kelestarian hutan. Penebangan hutan akan berkurang dengan sendirinya jika sumber ekonomi dari sektor lain terbuka,” tegas Tgk Husnul.(maulida/hamdani)