Pemkab Sergai Bersama BNN Canangkan Desa Bersinar

26 September 2019
Penggajahan | Indonesia Berkibar News - Pemkab Sergai-BNN Canangkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) dan Diseminasi Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Melalui Kampanye Pagelaran Seni Tahun 2019  di lapangan Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan, Kamis (26-09-2019).

Kepala BNNK Sergai Drs Adlin Tambunan, SH mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi perkembangan ancaman narkoba yang sangat dekat dan nyata serta dampaknya yang begitu kompleks serta mengancam eksistensi serta kedaulatan bangsa Indonesia dimasa mendatang. Sehingga dibutuhkan peran aktif dari Kepala Desa dan masyarakatnya agar tercipta lingkungan pedesaan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba sesuai Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

"Desa Pegajahan menjadi percontohan bagi desa-desa lain di Kabupaten Sergai dalam pemberantasan penyalahgunaan narkoba secara mandiri melalui dituangkannya P4GN dalam RKP dan APBDes Tahun Anggaran 2019 serta ditingkatkan untuk tahun berikutnya," harapnya.

Kepala Desa Pegajahan Muhammad Yamin mengatakan atas nama Pemerintah Desa Pegajahan menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan Desa Bersih Narkoba yang pertama kali di canangkan di Kabupaten Sergai. Desa Pegajahan yang terdiri dari 6 (enam) dusun dengan lebih kurang 1.250 Kepala Keluarga dengan multi etnis yang hidup rukun berdampingan satu sama lain.

 Kepala BNNP Provsu Brigjend Pol Atrial SH diwakili Kabid P2M BNNP Provsu Tuankus Harianja mengapresiasi dan acungan jempol atas pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan pada hari ini. Untuk Sumatera Utara sendiri, Kabupaten Sergai adalah yang kedua mencanangkan Desa Bersih Narkoba ini setelah Kota Medan. Bahwa ini bentuk keinginan masyarakat untuk bersih dari Narkoba sesuai dengan amanat Presiden Jokowi bahwa setiap desa hendaknya terbentuk Satgas Anti Narkoba.

"Semoga Satgas Anti Narkoba ini bukan hanya namanya saja yang hebat, namun sangat eksis dan bermanfaat bagi masyarakat antara lain dengan selektif dan ketat mengawasi masyarakatnya melalui didirikannya Posko-posko Anti Narkoba disetiap dusun agar lebih maksimal. Yang diharapkan agar kegiatan ini dibesarkan gaungnya bahwa Desa Pegajahan di Kabupaten Sergai ini telah komit mengikuti instruksi Presiden dalam hal pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Indonesia," paparnya.

Plh. Bupati Sergai H Darma Wijaya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait terutama BNNK Sergai dan masyarakat Desa Pegajahan yang telah menggelar kegiatan ini. Pencanangan desa Bersih Narkoba merupakan salah satu bukti komitmen serius dari pemerintah daerah dan pusat dalam memerangi penyelundupan, peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba mengingat tindakan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu kejahatan luar biasa (extraordinary crime).

"Peredaran narkoba menyasar kaum milenial, Bupati dan Wakil Bupati berharap kehidupan milenial tidak hanya menghasilkan prestasi yang kreatif dan inovatif, tetapi juga hidup dengan bebas narkoba. Sebab itu pula yang melatarbelakangi digalakkannya gerakan "Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas" yang mendorong seluruh elemen masyarakat untuk menjadi generasi yang produktif, inovatif, kreatif dan bersih narkoba guna mendukung terwujudnya visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan," harapnya.

Kepada seluruh masyarakat khususnya Desa Pegajahan, semoga desa Bersinar ini menjadi momen menyamakan persepsi dan menjadi contoh Desa Bersih Narkoba di Kabupaten Sergai.(fit)