UMSU JUARA DUA OLIMPIADE FAKULTAS KEDOKTERAN WILAYAH SUMATERA

8 September 2019
Medan | Indonesia Berkibar News - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berhasil meraih juara umum 2 olimpiade fakultas kedokteran yang diikuti 11  perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Sumatera.

Regional Medical Olimpiade yang merupakan ajang tahunan  bergengsi bagi fakultas kedokteran itu, tim FK UMSU  berhasil mengumpulkan 2 medali emas dan satu perak. Sementara FK USU yang menempati juara umum meraih 2 emas, satu perak dan satu perunggu.

Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP memberikan apresiasi kepada tim FK  di ajang RMO yang digelar di Universitas Syiah Kuala karena telah membawa nama harum universitas.

 "Selamat kepada tim olimpiade FK yang telah meraih prestasi membanggakan dan mengharumkan nama UMSU di tingkat regional Sumatera," katanya kepada wartawan di Medan, Minggu (08-09-2019).

Menurut rektor,  prestasi yang diraih mahasiswa FK di ajang RMO menunjukkan program peningkatan kualitas akademik sebagai  wujud perencanaan strategis universitas sudah berjalan dengan baik. Hal ini sekaligus menjadi motivasi untuk pelaksanaan program selanjutnya.

"Prestasi yang diraih mahasiswa FK di ajang RMO maupun pada gelaran Pimnas yang berlangsung sebelumnya  patut disyukuri, sekaligus menjadi motivasi agar ke depan bisa memberikan hasil lebih baik," katanya.

Dijelaskan rektor,  pihaknya terus berupaya mendorong mahasiswa untuk  bisa mengikuti seluruh kegiatan kompetisi baik di tingkat regional, nasional dan internasional dengan dukungan fasilitas. Pihak universitas juga menyediakan pendampingan dosen sehingga mahasiswa bisa lebih siap untuk maju mengikuti kompetisi.

Lebih lanjut, dijelaskan rektor, bahwa saat ini universitas dituntut untuk berkompetisi menghasilkan prestasi baik dibidang akademik dan kreatifitas mahasiswa. Untuk itu UMSU memberikan dukungan penuh berupa sarana dan prasarana serta pembinaan terhadap minat dan bakat mahasiswa secara berkelanjutan.

Rektor juga berpesan agar mahasiswa tidak merasa cepat puas dengan prestasi yang diraih. Sebaliknya lebih meningkatkan kemampuan sehingga ke depan bisa mendapatkan presrasi lebih di tingkat nasio al dan internasional.

Secara terpisah, Wakil Dekan 3 FK, dr. H. Elman Boy, M.Kes, FIS-PH.,FIS-CM mengatakan, dalam ajang RMO  yang berlangsung di Unsyiah, tim  UMSU berhasil meraih dua medali emas  masing- masing cabang Digestif : atas nama,  Nahdiana Rizqi Rahmaini dan Shofiyatuzzahra Rizqiputri serta cabang Muskuloskeletal , atas nama Azzuhra Permata Khaira dan Fathan Chandra Suhartono. 

Untuk medali perak dihasilkan dari cabang Urogenital  atas nama Reka Khairiawan Rezki  dan  Ikchan Malik Napitupulu.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas dukungan universitas serta para dosen pembimbing dan pendamping yang telah bekerja keras  dalam mempersiapkan tim sehingga mampu memberikan prestasi yang terbaik," katanya.

RMO sendiri diikuti oleh sebanyak 11 mahasiswa fakultas kedokteran dari  universitas negeri dan swasta. Bagi mahasiswa kedokteran ajang ini dianggap sangat bergengsi sehingga prestasi  yang diraih terasa begitu membanggakan.(torong/bahren)