UMSU Tawarkan Beasiswa Untuk Mahasiswa Muslim Myanmar

8 September 2019
 Medan | Indonesia Berkibar News - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara memberikan tawaran beasiswa kepada mahasiswa muslim Myanmar yang ingin melanjutkan studi khususnya di Fakultas Agama Islam.

Tawaran beasiswa untuk melanjutkan studi ke UMSU kepada mahasiswa Muslim Myanmar itu  disampaikan dalam kunjungan silaturahim yang dilakukan Dekan FAI, Dr Muhammad Qorib ke University Muslim Student, Myanmar. "Tawaran beasiswa melanjutkan studi ke UMSU ini bagian dari bentuk kepedulian kepada Muslim Myanmar," kata Dr Qorib kepada wartawan di Medan, Minggu (08-09-2019).

Dijelaskan dia, FAI menjelaskan kunjungan silaturahim ke universitas Islam di Myanmar untuk menjajaki kerjasama dan membangun sinergi dalam pengembangan kegiatan akademik dan dakwah. Silaturahim juga sekaligus untuk melihat langsung kondisi dan keberadaan Muslim di Myanmar.

Menurut dia, FAI UMSU memberikan perhatian dan rasa peduli dengan kondisi Muslim di Myanmar. Sebagai sesama muslim, kami mencoba menganalisa dan mencoba memahami kondisi dan situasi yang dihadapi Muslim Myanmar secara langsung," kata Dr Qorib yang didampingi Wakil Dekan I, Zailandi, SPd I, MA.

Dijelaskan dia, situasi dan kondisi terkait Muslim Myanmar saat ini cukup baik. Hubungan antara Umat Islam dan umat beragama lainnya juga tampak baik, bahkan suara azan bebas terdengar dari menara masjid.

Lebih lanjut dijelaskan, kunjungan silaturahim FAI UMSU ke pengelola perguruan tinggi Muslim Myanmar merupakan bagian dari program internasionalisasi. Kunjungan silaturahim itu merupakan rangkaian kegiatan KKN internasional mahasiswa FAI ke sejumlah negara ASEAN, yakni Thailand dan Kamboja.

"Program KKN internasional Fakultas Agama Islam ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman sekaligus memperluas wawasan mahasiswa sehingga diharapkan bisa lebih siap dalam menjawab tantangan masa depan," ungkap Qorib.

Sepanjang perjalan Program KKN Internasional ini, menurut Qorib, pihaknya terus melakukan evaluasi terkait dengan kesiapan mahasiswa dari sisi bahasa. Selain itu juga menyangkut peluang untuk bisa menarik lebih banyak mahasiswa luar negeri melanjutkan studi ke UMSU.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir melepas sebanyak 53 mahasiswa UMSU untuk program magang dan kuliah kerja nyata internasional ke Thailand dan Kamboja.
Ke 53 mahasiswa yang dilepas Ketua Umum PP Muhammadiyah berasal dari Fakultas Agama Islam yang terdiri dari Managemen Bisnis Syariah 3, Perbankan Syariah 28, Pendidikan Agama Islan 18 orang, PIAUD 4 orang.

Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir menegaskan, KKN internasional mahasiswa FAI merupakan bagian program internasionalisasi Muhammadiyah yang sudah dimulai sejak tahun 2010 sebagai bagian dakwah internasional Muhammadiyah.(torong/bahren)