Begini Cara Posramil Tripa Makmur Kodim 0116/Nagan Raya Cegah Kenakalan Remaja.

10 Oktober 2019

Nagan Raya | Indonesia Berkibar News - Dalam rangka mencegah dampak kenakalan remaja di wilayah binaan, Posramil Tripa Makmur Kodim 0116/Nagan Raya mengadakan penyuluhan terhadap orang tua di balai Desa Ujong Krueng, Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya,Kamis (10-10-2019).

Kegiatan itu dilakukan agar para orang tua bisa menjadi tauladan buat anak-anaknya dengan menciptakan keluarga yang harmonis serta menjalin komunikasi yang baik dengan anak dan keluarga.

Hadir dalam kesempatan tersebut Danposramil Tripa Makmur Kodim 0116/Nagan Raya Serma Muda Haris. Nst, Staf BKKBN Nagan Raya Ajah. Amd. Keb., Staf DPMGP4 Erna wati Amd. Keb, dan Ibu-Ibu Masyarakat Desa Ujung Kreung, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Pada kesempatan itu, Danposramil Tripa Makmur Kodim 0116/Nagan Raya Serma Haris Nasution memberikan sosialisasi tentang Kenakalan Remaja, Orang tua diharapkan memberi pengawasan terhadap anak seperti halnya kita main layang-layang kadang ditarik, kadang dilepas tapi tetap dijaga atau dikendalikan. Orang tua mampu memberi batasan kepada anak-anaknya apa-apa yang tidak boleh dilakukan.

Dengan bermodalkan keimanan dan ketaqwaan yang kuat dan benar maka seorang remaja akan dapat mengontrol perbuatan yang menyimpang, inilah salah satu konsep dasar penanggulangan kenakalan remaja yang bertumpu pada aturan agama.

Seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan jaman, generasi muda khususnya remaja dihadapkan pada permasalahan dan tantangan yang sangat berat.

Sementara itu Staf BKKBN Nagan Raya Ajah. Amd. Keb. “Remaja adalah generasi penerus bangsa, calon pemimpin masa depan dan kontributor bagi kemajuan Negara. Akhir-akhir ini kehidupan remaja terutama para pelajar dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari internal maupun eksternal. Seningga berdampak pada kenakalan remaja”.

“Masa depan generasi muda adalah tanggung jawab kita berasama, tidak hanya Guru ataupun aparat Negara tapi orang tua dan lingkungan juga berperan, untuk itu kami dari BKKBN Nagan Raya merasa bertanggung jawab untuk hadir pada kegiatan ini” ujar Ajah.

Adapun kenakalan remaja antara lain merokok, minum-minuman beralkhohol, narkoba, pergaulan bebas/ seks bebas dan tawuran/ perkelahian antar remaja.(m has)