Upacara Hari Santri Di Aceh Timur Khidmat



Aceh Timur | Indonesia Berkibar News - Upacara Hari Santri tahun 2019 di kabupaten Aceh Timur berlangsung khidmat. Upacara yang dihadiri ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di kabupaten Aceh Timur berlangsung di lapangan pusat pemerintahan kabupaten Aceh Timur, Selasa(22-10-2019).

Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib ketika bertindak menjadi ispektur upacara dalam amanatnya menyampaikan, peringatan hari santri merupakan momentum yang sudah digelar setiap tahunnya  setelah ditetapkan pada tahun 2015 lalu.

“Pesantren mimiliki peran penting dalam isu perdamaian.  Selain tempat menyemai ajaran islam,  Pesantren juga  merupakan laboratarium perdamaian,” ujar Bupati Aceh Timur.

Selaku pemerintah kabupaten Aceh Timur  , bupati yang akrab disapa Rocky itu mendukung penuh peringatan hari santri  yang telah ditetapkan setiap tanggal 22 Oktober. Apalagi peringatan santri terasa sangat istimewa yang turut perkuat dengan lahirnya UU Nomor 18 Tahun 2019.

“Undang – undang tentang pesantren ini memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembang fungsi dakwah dan pengabdian masyarakat,” imbuhnya.

Mantan Ajudan Abu Matang Keh itu juga berharap agar santri di Aceh terus menuntut ilmu dimasing- masing ponpes untuk mewujudkan pengabdian  kepada masyarakat.

“Santri sangat berperan penting ditengah kehidupan masyarakat. Untuk itu santri diharap menjadi panutan umat untuk dunia dan akhirat,” pungkas sosok Bupati yang dikenal dengan dekat dengan sejumlah ulama dan pimpinan ponpes di Aceh itu.

Upacara kali ini diikuti oleh Bupati Aceh Timur, Forkopimda Aceh Timur, Pimpinan Ponpes/dayah se Aceh Timur, para kepala OPD dalam lingkungan pemerintahan Kabupaten Aceh Timur,  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh Timur, Pengurus Ikatan Santri Aceh Timur ISAT.

Tidak hanya upacara, peringatan hari santri di Aceh Timur juga dirangkai dengan acara perlombaan agama dan kegiatan sosial  donor darah.(yns)