Yuk Para Pengendara R4 Dan R2 Mari kita Lengkapin Surat-Surat kendaraan Kita & Mari kita Patuhin Peraturan lalu lintas,Satlantas Polres Belawan Akan Menggelar Operasi Zebra 2019

14 Oktober 2019

Medan Utara | Indonesia Berkibar News -  Untuk mengurangi angka kecelakaan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pelabuhan Belawan akan menggelar Operasi Zebra 2019.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan selama beberapa hari kedepan sampai November 2019. Operasi Zebra ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan dan tertib administrasi pengemudi dan kendaraan di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP H. Ikhwan SH, MH melalui Kasat Lantas Polres Belawan AKP MH Sitorus menjelaskan. " Operasi ini kami akan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan. Surat kendaraan yang dimaksud berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) serta pengesahan kendaraan" terangnya, Senin (14-10-2019).

Selain itu tambahnya AKP MH Sitorus, ia juga mengincar pelanggaran yang berpotensi fatalitas kecelakaan lalu lintas.

"Misalnya, tidak gunakan seatbelt, tidak pakai helm dan lain-lain.Tujuan operasi ini dalam rangka membangun budaya tertib lalu lintas " katanya

Oleh sebab itu, menjelang operasi ini dihimbau seluruh pengendara untuk segara melengkapi surat-surat kendaraan dalam berkendara nantinya.
"Cek kelengkapan surat kendaraan dan jangan lupa bayar pajak kendaraan ketika menunggak," tambah Kasat Lantas

Untuk diketahui, dasar hukum Operasi Zebra ini, terdapat di UU Nomor 8 Tahun 1981, UU Nomor  2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Lalu, UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. (Indra)