Pemkab Sergai Peringati Hari Anak Nasional

14 November 2019

Pantai Cermin | Indonesia Berkibar News - Sergai Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019, Kamis(14-11-2019) di  Desa Besar II Terjun Kecamatan  Pantai Cermin.

Sambutan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yg diwakili oleh Sekdakab H. M. Faisal Hasrimy AP, MAP  mengajak para orang tua untuk senantiasa memperhatikan hak-hak anak. " Mari kita rawat dan kita asuh anak-anak dengan penuh kasih sayang dan tanggungjawab," sebutnya pada acara peringatan Hari Anak Nasional tahun 2019,  Hari Anak Nasional tahun ini mengangkat tema peran keluarga dalam perlindungan anak dengan slogan "kita anak Indonesia, kita gembira.

Jika kualitas anak dan generasi muda menentukan tingkat kemajuan bangsa. "Setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosial. Tidak kalah penting anak juga harus memperoleh perlindungan dan terpenuhi hak-haknya.Terkhusus kepada anak-anak di Sergai, agar terus belajar, rajin beribadah dan berolahraga. 

"Hormat dan taatlah kepada orang tua dan guru kalian.Teruslah berprestasi, berkreasi dan berinovasi agar anak-anakku menjadi manusia yang unggul di masa depan," ucap Soekirman di hadapan para anak-anak pelajar yang juga hadir dalam acara ini.

Secara khusus meminta kepada remaja agar menjauhi narkoba dan menghindarkan diri dari berbagai aktivitas yang tidak baik dan tidak bermanfaat. "Di era keterbukaan informasi dan majunya teknologi media, Bapak berpesan, agar kalian tidak terpengaruh dan tergiur oleh materi media yang negatif, serta hiruk pikuk budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai dan kepribadian bangsa.

Kemudian menyebut jika Sergai telah banyak melahirkan berbagai program, kebijakan & kegiatan yang fokus memperhatikan anak seperti pengurusan akta kelahiran gratis yang saat ini juga dinas P2KBP3A membuat perjanjian kerjasama dengan Dinas Capil tentang pemenuhan hak sipil anak seperti akte kelahiran dan kartu Identitas Anak (KIA), wajib belajar 12 tahun, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, desa layak anak serta sudah terbentuknya pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A) Kabupaten Sergai sekaligus telah dibentuknya Forum Penanganan Kekerasan Anak (FPKA) di kecamatan.

Kadis P2KBP3A, Hj. Irwani Jamilah, S.H, M.Si, selaku Ketua Panitia Penyelenggara Hari Anak Nasional tahun 2019 mengatakan tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa dan semangat kebangsaan dan karenanya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan.

Jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhir, bersusila cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Diagendakan dalam beberapa kegiatan yaitu pemberian bingkisan bagi anak berprestasi dalam berbagai bidang sebanyak 10 orang, pemberian kartu Identitas anak secara simbolis, pemeran buku oleh mobil perpustakaan keliling kantor perpusatakaan arsip dan dokumentasi, temu wicara bersama anak dan hiburan.

Hadir Wakil Ketua DPRD Sergai Merlin Barus, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Sergi Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Kepala OPD,  Camat, PKK se-Kecamatan Sergai.(fit)