Pemkab Sergai Gelar Peringatan Ke 71 Hari Bela Negara

19 Desember 2019
Sei Rampah | Indonesia Berkibar News - Pemkab Sergai Gelar Upacara Peringatan Ke-71 Hari Bela Negara Tahun 2019 di Halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (19-12-2019).

Yang menghadiri Inspektur Upacara (Irup) Bupati Sergai Ir H Soekirman, Komandan Upacara Pelda Sutikno dan Perwira Upacara Drs Kusmin, M.Pd,Ketua DPRD dr Risky Ramadhan Hasibuan, perwakilan Forkopimda,para Asisten,Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat.

Sambutan tertulis Presiden Joko Widodo yang disampaikan Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan dewasa ini kita sama-sama cermati terkait dengan tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno bahwa perang modern bukan sekedar perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi  kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Salah satu berkah yang telah mengantarkan tanah air kita adalah digalinnya kembali pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna.

Aksi nasional bela negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengalaman nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.

Kedepannya, Presiden mengharapkan agar rencana aksi nasional bela negara disegenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematik, dan massif dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya.

Bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transfaransi dan akuntabilitas pelayan publik, yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita, selanjutnya yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi kepada masyarakat secara jujur, berimbang, dan bertanggung jawab.(fit)