Bupati Humbahas Terima Penghargaan Kinerja SAKIP Dengan Predikat BB dari MenPAN-RB

10 Februari 2020

Doloksanggul | Indonesia Berkibar News - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE atas prestasi kinerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, Senin (10-02-2020).

Penghargaan tersebut diterima dalam acara penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah I yang dihadiri 11 Gubernur dan 174 Bupati/Walikota

Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa kinerja pemerintah harus  berorientasi kepada hasil. Selain itu, ada award dan punishment yang diberikan, tergantung nilai yang diperoleh Pemerintah Daerahnya. “Pemerintah Daerah yang mendapat nilai AA, A dan BB akan mendapat penghargaan berupa dana insentif daerah, sedangkan daerah lainnya yang belum meraih hasil terbaik akan terus dipacu agar bisa meraih predikat sesuai dengan yang diinginkan. Ada beberapa indikator dalam penilaian yang dilakukan, antara lain efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, penerapan e-planning, e-bugdeting dan e-kinerja. Sehingga berdampak terhadap efisiensi anggaran. Kinerja pemerintah harus  berorientasi kepada hasil” jelas Tjahjo

Seusai menerima penghargaan, Bupati Humbahas  Dosmar Banjanahor menjelaskan bahwa penghargaan yang diterima saat ini sangat membanggakan dan mengharumkan nama Kabupaten Humbang Hasundutan di tingkat Nasional.

 “Penghargaan yang diraih ini merupakan prestasi kinerja Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, dimana Kabupaten Humbang Hasundutan satu-satunya Provinsi/Kabupaten/Kota di Wilayah I yang melakukan loncatan predikat CC menjadi predikat BB , tanpa melalui predikat B. Pencapaian yang diraih saat ini atas kekompakan dan kebersamaan seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, jelas Bupati. Bupati menambahkan, atas penghargaan itu Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan akan mendapatkan dana insentif  sebesar Rp 8,9 Milyar yang nantinya akan dipergunakan untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Untuk meraih prestasi ini, kami harus melakukan efisiensi anggaran yang cukup tinggi dengan melakukan pemangkasan program dan kegiatan dari seluruh OPD, yang nantinya dipergunakan untuk mendukung sektor-sektor prioritas  dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan Masyarakat Humbang Hasundutan” tambah Bupati sambil mengucapkan terimakasih kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Pimpinan & Anggota DPRD, seluruh masyarakat Humbang Hasundutan dan semua pihak yang telah memberikan dukungan atas pencapaian prestasi ini sehingga kinerja Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan lebih produktif untuk membangun Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul.

Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumban Gaol didampingi Moratua Gajah, Kepler Torang Sianturi dan Masria Sinaga juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Humbang Hasundutan atas penghargaan yang diterima Bupati Humbang Hasundutan dari Menteri PANRB atas Kinerja Pemerintah dengan predikat BB.

 “Penghargaan yang baru diterima Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan di Tingkat Nasional ini, patut mendapat apresiasi yang setinggi-tingginya. Kami dari lembaga legislatif mengharapkan prestasi kinerja ini dapat terus ditingkatkan. Kami mendukung seluruh program dan kegiatan pemerintah  yang pro rakyat dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat khususnya di Kabupaten Humbang Hasundutan” ujar Ramses.

Hal senada juga disampaikan Sekda Humbahas Drs Tonny Sihombing bahwa penghargaan yang diterima Pemkab Humbahas merupakan kerjasama dan kerja keras seluruh aparatur Pemkab Humbang Hasundutan yang bekerja dengan sungguh-sungguh dan tidak kenal lelah dalam menyusun dan memperbaiki dokumen perencanaan, keuangan dan kinerja sehingga lebih efektif, efesien, terukur dan terarah dalam mewujudkan visi dan misi Pemkab Humbahas.

 “Keberhasilan SAKIP di Humbang Hasundutan ini sudah menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan," harapnya.

Dimana sejak 2018, kami terus berbenah dan bersungguh-sungguh memperbaiki kinerja pemerintah, dengan memangkas program dari 415 program menjadi 127, kegiatan dari 1.603 menjadi 415, sehingga diperoleh penghematan anggaran sebesar Rp 68,4 Milyar lebih. Penghematan anggaran tersebut dipergunakan untuk mendukung sektor prioritas pertanian, peternakan dan perikanan, pariwisata, kesehatan, pendidikan termasuk infrastruktur” jelas Tonny  Sihombing. (rel/saulus)