Rakor Bidang Pendidikan Tahun 2020, Bupati Asahan Ingatkan Kepala Sekolah Terapkan Pola Tertib 3 T

13 Februari 2020
Kisaran | Indonesia Berkibar News - Bupati Asahan H. Surya, BSc mengingatkan kepada para Kepala Sekolah di lingkungan dinas Pendidikan Kabupaten Asahan agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik - baiknya dalam upaya meningkatkan pelayanan pada satuan pendidikan masing - masing dengan melaksanakan pola tertib 3 T yakni Tertib Administasi, Tertib Anggaran dan Tertib Bertugas.

Hal itu disampaikan H. Surya Bsc dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi bidang Pendidikan Tahun 2020 yang dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati Asahan, Kamis (13-02-2020).

Dikatakannya, saat ini Pemkab Asahan telah melakukan beberapa terobosan dalam meningkatkan mutu pendidikan antara lain melakukan kerjasama dengan Tanoto Foundation dengan mewujudkan program pintar yaitu pengembangan inovasi untuk kualitas pembelajaran dengan membentuk 24 sekolah model tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Kemudian melaksanakan kerjasama dengan Yayasan Literasi Indonesia untuk program peningkatan Literasi di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah untuk 12 Sekolah di Kecamatan Air Joman dan Kecamatan Silau Laut.

Selain itu, kata Bupati, saat ini Pemkab Asahan juga sedang bekerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation untuk program beasiswa penuh bagi siswa SLTA yang berprestasi dan ingin kuliah di Arizona University Amerika Kampus Indonesia Sampoerna University dan Program Teacher Learning Centre atau Pusat Belajar Guru yang nantinya akan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para guru untuk dapat berinovasi dan pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik dan kreatif.

Kita akan terus berupaya mencari peluang - peluang dari berbagai pihak untuk secara terus menerus dapat mendukung dalam upaya peningkatan SDM di Asahan yang kita cintai ini, ujar Bupati H. Surya Bsc.

Sementara sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. Sofian MPd dalam laporannya menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi bidang Pendidikan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi tentang tugas, pokok dan fungsi Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan Asahan serta memberikan informasi terkait dengan perencanaan, pembangunan di bidang Pendidikan.

Kemudian Sofian menjelaskan bahwa jumlah peserta yang mengikuti Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan tersebut berjumlah sebanyak 499 orang dan terdiri dari jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan sebanyak 25 orang Koordinator Pengawas, Koordinator Penilik dan Satuan Pendidik Non Formal Sanggar kegiatan belajar Kab. Asahan 3 orang, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan 25 orang, Kepala TK Negeri 3 orang, Kepala SD Negeri 384 orang, Kepala SMP Negeri 59 orang.

Sedangkan jumlah guru di Sekolah Negeri yang berada di bawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan saat ini berjumlah sebanyak 3.497 orang untuk Guru PNS, dan sebanyak 2.331 orang untuk Guru Non PNS yang terdiri dari Guru Honorer Komite sebanyak 2.331 orang serta Guru Eks K2 sebanyak 95 orang, pungkas Kadis Pendidikan Asahan.(yd)