KABUPATEN NIAS SELATAN MEMPERKETAT AKSES PELABUHAN

11 April 2020

Nisel | Indonesia Berkibar News - Maraknya penyebaran penyakit Covid-19 membuat pemerintah kabupaten nias selatan memperketat akses masuk ke daerahnya.

Ini adalah salah satu kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Pelabuhan Dermaga Baru Telukdalam yang menjadi pintu masuk lewat laut di kecamatan Telukdalam kabupaten nias selatan provinsi sumatera utara telah diperketat aksesnya, Sabtu (11-04-2020).

UPT Puskesmas Telukdalam menyediakan salah satu alat thermal scanner untuk mengetahui suhu tubuh setiap masyarakat yang masuk ke pelabuhan Dermaga Baru Telukdalam. Penumpang kapal yang membawa kendaraan harus melewati para petugas kesehatan sebelumnya para penumpang kendaraan di semprot dengan disenfektan serta untuk dicek suhu tubuhnya dengan termometer infrared dan diberi vitamin.

“Kami bertugas untuk pemeriksaan setiap supir yang datang melalui pelabuhan. Kita lakukan persiapan untuk titik masuk di pelabuhan, karena ini merupakan akses yang paling rawan terhadap penyebaran virus Covid-19,”  kata Kepala UPT Puskesmas Telukdalam, Kartini Dakhi.

Pemerintah kabupaten Nias Selatan membuat aturan untuk sementara dilarang mengangkut penumpang & begitu juga sebaliknya. Petugas Medis, Polri, KKP & pihak-pihak yang lainnya siaga setiap kedatangan kapal di pelabuhan. (Mesiana Buulolo)