Akhyar Serahkan Zakat Ke 778 Orang Mustahik

20 Mei 2020
Medan | Indonesia Berkibar News - Sebanyak 778 orang yang masuk dalam kelompok Fisabilillah di Kota Medan mendapat bantuan zakat di Aula Masjid Taqwa, Jalan Mustafa Medan, Kamis (21-05-2020). Adapun zakat yang diberikan merupakan hasil zakat dari Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi beserta seluruh Pejabat di lingkungan Pemko Medan yang sebelumnya diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan di Balai Kota, Rabu (20-05-2020).

 778 orang tersebut terdiri dari 728 orang ustad dan ustadzah di 21 kecamatan se-Kota Medan serta 50 orang qori dan qoriah. Penyerahan diberikan langsung Akhyar secara simbolis kepada 5 orang ustadz didampingi Ketua Baznas Kota Medan H Azwar. Sebelumnya, jumlah zakat yang diserahkan sebesar Rp.369 juta dan ada penambahan lagi sebesar Rp.20 juta sehingga menjadi Rp. 389 juta.

Dikatakan Akhyar, zakat yang diserahkan merupakan hasil zakat beserta seluruh pejabat di lingkungan Pemko Medan. Selain itu bilangnya, penentuan pemberian zakat seluruhnya dipercayakan dan diserahkan kepada Baznas Kota Medan untuk disalurakan kepada para mustahik (orang yang menerima zakat).

"Alhamdulillah, hasil zakat dari jajaran di Pemko Medan hari ini mulai disalurkan. Kami percayakan sepenuhnya kepada Baznas Kota Medan untuk menentukan mustahik yang akan menerima. Menjadi kebahagiaan bagi kami bisa ikut andil dan berbagi dengan sesama. Semoga, apa yang diberikan dapat bermanfaat dan memberi kebahagiaan bagi yang menerima," kata Akhyar.

Akhyar pun berharap momentum bulan Ramadhan dan jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi ini dimanfaatkan untuk lebih meningkatkan ketaqwaan serta terus memanjatkan doa kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

"Ikhtiar terus kita lakukan dengan tetap waspada dan senantiasa mengikuti protokol kesehatan. Hindari kerumuman yang bisa berpotensi dapat menularkan terlebih mereka yang tidak memakai makser. Waspadai orang-orang yang tidak memakai masker. Kita berdoa semoga wabah ini segera berakhir dan kita dapat hidup normal kembali," harapnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Medan H Azwar  didampingi komisioner Baznas di antaranya Palit Muda Harahap, H Sangkot Saragih, H Hermanto dan H Suadi Lubis mengungkapkan, zakat yang diserahkan Plt Wali Kota sebelumnya berjumlah Rp. 369 juta. Namun, usai itu ada penambahan menjadi Rp. 389 juta. Pihaknya juga mengatakan prosesi penyaluran zakat akan berlangsung selama dua hari hingga besok, Jumat (22-05-2020).

"Alhamdulillah, setelah kemarin Baznas menerima zakat dari Bapak Plt Wali Kota ada penambahan Rp. 20 juta sehingga menjadi Rp. 389 juta. Insha Allah semua yang diberikan akan kami salurkan kepada para mustahik yang berhak menerima. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Baznas untuk mengakomodir dan menentukan sepenuhnya penyaluran zakat ini," ungkap H Azwar.(bundo)