Warga Dihebohkan Dengan Penemuan Bom Aktif, Unit Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut Langsung Meluncur Kelokasi

31 Mei 2020
Simalungun | Indonesia Berkiba News - Menanggapin penemuan bom aktif oleh salah seorang warga,dihebohkan dengan penemuan bom aktif. Unit Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut langsung meluncur ke lokasi penemuan, yang berlokasi di Perladangan Aek Huta, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Minggu, (31-05-2020).

Setelah di lakukannya kordinasi dengan pihak Polsek Purba, Polres Simalungun, personil Unit Jibom yang di pimpin Kasubden Jibom AKP Daud Pelawi langsung menuju TKP penemuan, guna di lakukannya pendispolan terhadap bom aktif jenis mortir tersebut.

Sekira pukul 07.45 wib, personil berangkat dari Mako Sat Brimob Polda Sumut menuju Polsek Purba. 

Selanjutnya, dengan di dampingi Kapolsek Purba AKP Binsar Pakpahan, personil Jibom dari Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut langsung lakukan sterilisasi sekitar lokasi. 

Terlihat juga, sebelum di lakukan tindakan lanjutan, Kasubden Jibom AKP Daud Pelawi terlebih dahulu laksanakan APP ataupun pengarahan kepada personil, untuk pelaksanaan Disposal di TKP, serta memerintahkan Operator I menyiapkan bahan peledak yang akan di gunakan untuk Pendispolan.

Setelah memastikan kondisi wilayah sekitar steril, Operator I langsung melakukan Pendispolan atau peledakan terhadap bahan peledak. 

Menurut informasi awal, kuat dugaan, bahan peledak jenis mortir yang sering di pakai oleh militer tersebut jenis bom dari sisa-sisa perang dunia.

Saat di konfirmasi, Kasubden Jibom AKP Daud Pelawi mengatakan, bahwa bom yang di temukan oleh warga tersebut masih dalam kondisi aktif, dan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lanjutan jenis maupun asal bahan peledak tersebut.

" Itu memang bom aktif, saat ini kita lakukan Pendispolan dahulu. Sebab, kita khawatir akan membahayakan warga sekitar. Setelah itu, akan di lanjutkan penyelidikan melalui serpihan bom, baik jenis maupun asal muasal bahan peledak tersebut, " ungkap AKP Daud Pelawi.

Di tempat terpisah, Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol. Abu Bakar Tertusi, S.I.K., S.H. juga mengatakan hal yang sama, bahwa pihaknya saat ini masih melakukan proses penyelidikan terhadap bom tersebut.

" Sabar ya, saat ini kita sedang lakukan penyelidikan. Setelah ada hasilnya, kita langsung infokan ke rekan-rekan media, " jelas Kombes Pol. Abu Bakar Tertusi.

Setelah di pastikan Bom aktif tersebut dinyatakan meledak dan hancur, barang bukti serpihan Bom langsung di bawa oleh personil Unit Jibom ke Mako Sat Brimob Polda Sumut untuk di lakukan penyelidikan tuturnya.(Indra)