Kabupaten Sergai ZONA MERAH, Warga Perbaungan Kembali Positif Covid-19

5 Juni 2020

Sei Rampah | Indonesia Berkibar News - Korban positif Covid-19 asal Kabupaten Serdang Bedagai ( Sergai), Sumut kembali bertambah. Satu lagi  pria warga Perbaungan berinisial AS berusia 29 tahun dinyatakan positif Corona. Positifnya AS menambah daftar baru  jumlah positif di tanah bertuah negeri beradat ini dan di nyatakan zona merah.

Hal ini disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab Sergai H. Akmal Koto, M.Si di dampingi Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes  saat menggelar konfrensi Pers di posko Gugus Tugas Rumdis Bupati Sergai, Jumat (05-06-2020) menyatakan Sergai berada di Zona Merah.

Akmal Koto menyampaikan bahwa telah bertambahnya korban covid-19 di Kab Sergai.  Data semula ada 5 dan sekarang bertambah 1 berisial AS  hingga menjadi 6 positifnya AS  berdasarkan hasil Test sweb yang di sampaikan ke gugus tugas covid-19 Kab Sergai.

Dijelaskan Akmal Koto. AS pada hari Sabtu (23/5) mengalami demam beserta anak dan istrinya  datang ke Perbaungan ke kediaman orang tuanya dan pada saat datang sudah mengalami batuk-batuk. Pada hari Senin (25/5) AS dan istri serta anaknya kembali ke Medan.

Selanjutnya  Jumat (28/5) AS berobat ke RS. Colombia dengan keluhan yang sama dan menjalani rapid test  selanjutnya AS yang bekerja di perusahaan mobil di Medan itu di tetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Pada Minggu (30/5) AS menjalani test PCR dan Swab, dan pada hari itu juga AS dinyatakan positif covid-19, selanjutnya pihak RS mengirimkan sampel Swab AS ke RS. Murni Teguh, hingga kini AS masih mendapat perawatan di RS. Colombia.

Lanjut Akmal Koto. Dinkes Sergai melalui Petugas Puskesmas setempat melakukan tracing  terhadap keluarga dan orang yang pernah melakukan kontak fisik dengan yang bersangkutan. 

Di jadwalkan hari ini Dinkes Sergai akan melakukan test Swab kepada keluarga korban dan melakukan penyemprotan desinfektan di sekitar rumah korban.
Akmal Koto juga meminta meningkatkan edukasi menerapkan protokol kesehatan, selalu memakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. (fit)