Pemkab Dairi Terima Kunjungan Ketua DPRDSU

11 Juni 2020

Dairi | Indonesia Berkibar News - Kunjungan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting, Wakil Ketua DPRD Rahmansyah Sibarani (Nasdem), Anwar Sani Tarigan (PDIP), Viktor Silaen (Golkar), Jubel Tambunan (Nasdem), Sumihar Sagala (PDI-P), dan Ingan Amin Barus (Gerindera), ke Pemkab Dairi Kamis (11-06-2020) di Ruang Kerja Bupati Dairi. Kunjungan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara tersebut disambut dengan baik oleh Bupati Dairi DR. Eddy Keleng Ate Berutu .

Drs.Baskami Ginting, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara mengatakan kunjungan yang dilaksanakan DPRD Provinsi Sumatera Utara ke Kabupaten Dairi adalah  dalam rangka pengawasan penyaluran bantuan sembako dari  Provinsi Sumatera Utara dan Bantuan Langsung Tunai yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab.Dairi dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Sementara, Anwar Sani Tarigan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara yang berasal dari Dapil XI menambahkan sangat mengapresiasi langkah Bupati Dairi dalam penanganan covid-19 dan berharap Kabupaten Dairi segera masuk ke zona hijau seperti daerah yang sebelumnya ditetapkan oleh gugus tugas pusat. Anggota DPRD lainnya menyampaikan tentang permasalahan data, pembenahan RSUD Sidikalang dalam memasuki new normal dan stimulus ekonomi untuk UMKM.

Bupati Dairi DR.Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan memang keberadaan data saat ini menjadi problem utama dalam hal pembagian bantuan kepada masyarakat yang terdampak covid-19. Perangkat Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas dikatakannya telah bekerja keras untuk melakukan perbaikan data ini, namun karena data dasar merupakan data lima tahun yang lalu, tentu ditemukan beberapa kendala. Untuk itu, Pemkab. Dairi sedang bekerja untuk menyiapkan database melalui aplikasi yang digunakan saat ini.

“Kita berharap data penyaluran tahap I ini dapat menjadi data awal pemutakhiran sehingga untuk penyaluran tahap II akan menjadi lebih sempurna. Dengan penggunakan aplikasi berbasis internet yang digunakan akan dapat meminimalisir resiko salah sasaran dan tepat dalam pelaporan,” terang Bupati Dairi .

“Saya mengusulkan dalam bentuk tunai, untuk meminimalkan masalah logistik dan biaya pendistribusian juga agar dapat menambah belanja dan daya beli masyarakat Kabuapten Dairi,” jelas Beliau

Selanjutnya, dalam hal persiapan untuk memasuki New Normal, Beliau menyampaikan akan mengkaji sebuah regulasi untuk bisa mengawasi kedatangan orang dari luar Kabupaten Dairi khususnya dari wilayah zona merah. Beliau ingin memastikan memastikan setiap para pendatang dari luar Kabupaten Dairi yang masuk ke Kabupaten Dairi tidak terpapar akan covid-19.

“Ditengah keterbatasan yang dimiliki oleh Pemkab. Dairi melalui gugus tugas telah melakukan berbagai upaya demi mencegah penyebaran Covid-19 semakin luas,” jelas Bupati.(lipsum)