Unit Pemberantas Pungli Diyakini Semakin Baik Dibawah Kepemimpinan Kombes Pol Armia Fahmi

19 Juni 2020


Medan | Indonesia Berkibar News - Inspektur Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) Lasro Marbun optimis Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Pemprov Sumut akan semakin baik di bawah kepemimpinan Kombespol Armia Fahmi. Pengalamannya bertugas yang cukup lama di Sumut menjadi nilai lebih dalam memimpin UPP Pemprov Sumut.

Kombes Pol Armia Fahmi bukan orang baru. Total dia sudah 12 tahun bertugas di Sumut, dimulai saat tahun-tahun reformasi (1997). Menurut Lasro, pengalaman Kombes Pol Armia merupakan modal yang besar untuk meningkatkan kinerja pemberantasan pungli di Sumut.

“Pak Armia sudah pernah bertugas di Poltabes Medan, Labuhan Deli, Wakapolres Tapteng dan Asahan. Dia tentu paham karakteristik orang Sumut dan itu akan menjadi modal besar meningkatkan kapabilitas UPP Sumut,” kata Lasro, usai acara serah terima jabatan Ketua Pelaksana UPP Pemprov Sumut, dari Kombes Pol Eko Kristianto kepada Kombes Pol Armia Fahmi, di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (19-06-2020).

Lasro berharap di tengah pandemi seperti ini tidak mengurangi semangat Ketua Pelaksana UPP yang baru dalam memberantas pungli di Sumut. Begitu juga dengan UPP Kabupaten/Kota, karena anggaran dan kegiatan UPP banyak dipangkas saat ini.

“Memang wabah Covid-19 memangkas anggaran dan kegiatan UPP, tetapi saya harap Pak Armia Fahmi dan rekan-rekan di daerah tetap semangat dalam memberantas pungli. UPP Provinsi dinilai baik karena aktivitas UPP daerah yang baik,” tambah Lasro.

Ketua Pelaksana UPP Provinsi Sumut Kombes Pol Armia Fahmi berharap bisa meningkatkan kapabilitas UPP Pemprov Sumut yang sudah berprestasi besar selama dipimpin Kombes Pol Eko Kristianto. “Selama dipimpin Pak Eko, UPP Pemprov Sumut banyak meraih prestasi. Dua predikat terbaik di tahun 2018 dan tiga di tahun 2019. Paling tidak saya bisa mempertahankan itu atau mungkin kita bisa mendapat prestasi lebih lagi,” kata Armia.

Armia juga berharap mendapat dukungan dari semua pihak dalam terutama UPP dan Kepolres Kabupaten/Kota dalam bertugas. “Saya mengharapkan dukungan dari rekan-rekan sekalian agar kita bisa mencegah terjadinya pungli dan korupsi di Sumatera Utara,” tegasnya.

Sementara itu, Kombes Pol Eko Kristianto berpesan kepada Ketua Pelaksana UPP Pemprov Sumut yang baru bisa bersinergi dengan baik kepada Pemprov Sumut, UPP Kabupaten/Kota dan juga lembaga-lembaga anti pungli yang ada di Sumut, seperti Masyarakat Anti Pungli (MAPI).

“Saya harap UPP Pemprov Sumut di bawah kepemimpinan Pak Armia Fahmi semakin baik menangani pungli. Bisa bersinergi dengan Pemprov Sumut dan juga organisasi anti pungli independen seperti MAPI,” kata Eko.(torong/bundo)