Kapolda Sumut Kedepankan Sikap Humanis Kepada Masyarakat

13 Juli 2020
Medan | Indonesia Berkibar News - Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si memberikan pengarahan kepada personel Polrestabes Medan bertempat di Rupattama Mapolrestabes Medan, Senin (13-07-2020)

Kegiatan pengarahan ini turut dihadiri oleh Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Dr. Dadang Hartanto, SH, S.I.K, M.Si, PJU Polda Sumut, Kapolrestabes Medan, Kapolresta Deliserdang, Kapolres Binjai, Kapolres Langkat, Kapolres P. Belawan, PJU Polrestabes Medan serta Personel Mapolrestabes Medan.

Kapolda Sumut mengatakan bahwa tujuan pengarahan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan mengembalikan marwah Polri khususnya Polda Sumut dalam memberikan perlindungan, pelayanan dan pengayoman serta menegakkan hukum ditengah masyarakat.

Pelaksanaan tugas yang tidak profesional dapat menyebabkan tercorengnya citra Polri dan sapat menurunkan kepercayaan masyarakat Kepada Polri sebagai pelundung, pengayom dan pelayan masyarakat. Di era kemajuan teknologi informasi saat ini, masyarakat dapat mengetahui segala berita dengan cepat melalui media sosial dan langsung dapat memberikan penilaian kinerja anggota Polri tersebut positif atau negatif.

Kapolda Sumut mengatakan bahwa di jaman sekarang ini tidak lagi dibenarkan untuk melakukan kekerasaan dan intimidasi serta mengedepankan sikap yang humanis kepada masyarakat.

Personel yang bertugas dibagian Reserse juga harus paham dalam menangani kasus-kasus suatu Tindak Pidana, serta dalam melaksanakan penindakan penegakan hukum harus mempertimbangkan tingkat kejahatan yang dilakukan oleh pelaku kejahatan, dan mengutamakan aspek keselamatan anggota di lapangam serta masyarakat.

Irjen Martuani juga mengajak seluruh personil Polri untuk mencintai organisasi Polri, jati diri sebagai anggota Polri diwujudkan dalam kecintaan dan pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut dapat ditunjukkan melalui loyalitas pelaksanaan tugas yang baik, seperti penyataan bapak Kapolri yaitu Loyalitas Tak Bertepi.

Sebagai orang nomor satu dijajaran Polda Sumut, Irjen Martuani berpesan agar seluruh personel berubah dan berbenah diri menjadi lebih baik serta jangan sampai dalam setiap pelaksanaan tugas mencederai perasaan masyarakat yang dapat mencoreng citra Polri khususnya Citra Polda Sumut.

"Kepada para komandan terutama Kapolsek agar tetap kompak pada pelaksanaan tugas yang baik, tetap berlomba untuk menunjukkan prestasi dalam bekerja, serta mengedepankan sikap yang profesional, modern & terpercaya. Kedepankan sikap humanis dan sopan santun. Berikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman yang terbaik untuk masyarakat",pesan Irjen Martuani

Pelaksanaan pengarahan Kapolda Sumut kepada personel Polrestabes Medan dan jajaran berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (torong/zul)