Tim PKK Desa Bawofanayama Melaksanakan Panen Sayur Perdana

31 Juli 2020

Nias Selatan | Indonesia Berkibar News - Ketahanan pangan merupakan kebutuhan pokok manusia. oleh karna itu perlu adanya inovasi untuk pemberdayaan ketahanan secara berkelanjutan salah satunya adalah dengan bercocok tanam. Dalam kegiatan bercocok tanam kita perlu mengetahui tanaman apa saja yang  menjadi kebutuhan pangan lokal. Sayur merupakan salah satu pangan yang membantu untuk pertumbuhan.

 Kegiatan panen sayur perdana di Desa Bawofanayama hasil bercocok tanam dan berkebun sayur mayur untuk mengatasi krisis pangan akibat covid-19. Kegiatan panen sayur tersebut dengan tim anggota PKK sejumlah kurang lebih 140 0rang dan tim PKK dari kabupaten di laksanakan di jalan lagundri KM 7 di rumah kades Bawofanayama Petrus Wau pada hari Jumat(31-07-2020).

Ada pun kegiatan tersebut yang di hadiri oleh Nyonya Bupati Repy Duha menyampaikan harapannya semoga semua desa bisa ikut dalam kegiatan pemerintah dalam ketahanan pangan terutama dalam pertanian dan agar masyarakat mulai giat dalam bercocok tanam.

Tak lupa juga ibu ketua tim PKK Desa Bawofanayama yaitu Magdalena Maduwu menyampaikan sangat berterimakasih kepada tim anggota PKK Desa Bawofanayama yang telah mendukung kegiatan bercocok tanam ini sehingga bisa memetik hasil panen pada hari ini dan banyak juga kegiatan ibu-ibu PKK Desa Bawofanayama yang melakukan kegiatan kerajinan tangan yang menghasilkan nilai guna seperti kerajinan tangan contohnya membuat pot bunga bahan dari kain bekas dan semen, tempat tisu, gantungan kunci, hiasan dinding, dan tas. Dan kami mengharapkan kepada ibu ketua tim PKK kabupaten supaya dapat memperhatikan dan mempromosikan hasil kerajinan tangan ini kepada wisatawan yang datang.

Kades Desa Bawofanayama Petrus Wau menyampaikan pertama-tama sekali sangat bangga dengan kegiatan yang di lakukan oleh tim PKK walaupun hasilnya hanya seperti ini tapi dapat memuaskan masyarakat khusus tim PKK ujarnya.  Harapan Kades Bawofanayama mudah-mudahan kedepan hasil panennya bisa lebih banyak lagi dan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat.

Ada juga penyampaian dari Kepala Desa Bawofanayama yaitu, Petrus Wau bahwa siap mendukung kegiatan Tim PKK dan jika ada anggaran kedepan siap untuk menambahkan, yang penting kita mendukung kegiatan ibu-ibu PKK ini untuk bercocok tanam apa lagi pada situasi covid-19 sesuai arahan Bapak Bupati untuk selalu bercocok tanam atau bertani. (Mesiana Bu’ulolo)