Anggota DPRD Deli Serdang Komisi 1 Fraksi PKS M Darwis Batu Bara Menerima Laporan Warga Dusun I Desa Tiga Juhar Langsung Turun Ke Lapangan

29 Agustus 2020


Deli Serdang | Indonesia Berkibar News - Longsornya daerah perbukitan setahun yang lalu mengakibatkan sepanjang 1 Km saluran pembuangan (parit), yang berada di Dusun I Desa Tigajuhar Kecamatan STM (Sinembah Tanjung Muda) Hulu Kabupaten Deliserdang, tidak berfungsi dan mengakibatkan jurangbaru.

Mendapat laporan warga Dusun I Desa Tiga Juhar anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang Komisi 1 Fraksi PKS langsung turun melakukan peninjauan terhadap pengaduan masyarakat Kecamatan STM Hulu, Sabtu (29-08-2020) untuk mengetahui apa yang menjadi keluhan masyarakat di desa tersebut.

Sesuai dengan pengakuan masyarakat STM Hulu, longsornya daerah perbukitan itu sudah terjadi setahun yang lalu. Sebelumnya saluran irigasi itu sudah dibangun Pemkab Deliserdang, sebagai sarana pembuangan air persawahan para petani di desa tersebut.

Hasil peninjuan dilokasi, longsornya saluran pembuangan itu mengakibatkan adanya jurang baru di antara bukit. Akibatnya, warga sekitar terpaksa menutup sungai yang berada di hulu (atas bukit) agar air tidak mengalir pada saluran pembuangan yang sudah longsor.

Namun apabila tidak segera diperbaiki, dikuatirkan akan mengakibatkan longsor yang sangat besar yang berdampak pada kerusakan lingkungan sekitarnya. Disebutkan, sebelumnya warga sekitar sudah mengajukan permohonan perbaikan tanah longsor itu kepada Pemkab Deliserdang, namun hingga saat ini belum ada realisasi.

Ketika awak Media Indonesia Berkibar News ke kantor DPRD Kabupaten Deli Serdang ruang Komisi 1 Fraksi PKS, M Darwis Batubara M.Pdl, mengatakan "saya akan berusaha untuk mendorong suara masyarakat tersebut kepada Pemkab Deli Serdang agar secepat terealisasi" ujarnya.

Masyarakat STM Hulu sangat antusias atas kunjungan anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang Komisi 1 Fraksi PKS M Darwis Batubara M.Pdl, salah seorang pemuka masyarakat optimis atas kunjungan Dewan dapat cepat terealisasi bukit yang longsor setahun yang lalu yang membuat warga khawatir. (Sanimin)