Gubsu Edy Rahmayadi Apresiasi Pameran KKSU Digelar Kepala BI Perwakilan Sumut Wiwiek Sisto Hidayat

28 Agustus 2020


Medan | Indonesia Berkibar News - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengapresiasi Pameran Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) Tahun 2020 yang digelar Bank Indonesia (BI) di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan, Jumat (28-08-2020). Pameran yang mengusung tema ‘Pesona Kain dan Kopi Sumatera Utara’ ini bertujuan memperkenalkan kekayaan alam dan warisan budaya kain di Sumut.

"Terima kasih pada Pak Wik (Kepala Perwakilan BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat) yang telah melaksanan acara ini dengan menggunakan protokol kesehatan dan juga menemukan cara digital dalam menghidupkan UMKM," ucap Edy Rahmayadi.

Hadir  Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi (melalui video conference), Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Kepala Perwakilan BI Sumut Wiwiek Sisto Widayat, serta sejumlah OPD Pemprov Sumut.

Edy Rahmayadi juga mengajak berbagai pihak terkait untuk bersama mengatasi dan menghidupkan kembali ekonomi di Sumut, dengan bergotong royong serta menghilangkan dahulu kepentingan politik.

"Dengan kondisi saat ini, saya akui begitu pelik dan sulit dalam mengatasi dan menghidupkan ekonomi ini. Saya juga minta tolong pada yang lain, untuk sama menolong Sumut ini, hilangkan dulu politik. Dalam kondisi saat ini kita butuh kerja sama dan bergotong royong dan berbuat lebih baik untuk Sumut," katanya.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi yang membuka pameran secara resmi melalui video conference dalam sambutanya menyatakan, tema yang diusung sangat cocok dengan situasi yang dihadapi saat ini, untuk membantu UMKM. Menurutnya, produksi kain dari Sumut sangat bagus kualitasnya, serta kopi dari Sumut juga sudah diakui dunia.

"Ini harus kita dorong terus untuk membantu UMKM kita, agar terus dapat bertahan di situasi saat ini," katanya

"UMKM merupakan motor pergerakan ekonomi. UMKM berkontribusi 60% pada pergerakan perekonomian nasional. Kita harus melakukan penyesuaian dan harus menangkap peluang yang ada," katanya.


Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat mengatakan Tema ini dipilih sebagai upaya kita untuk terus memperkenalkan kekayaan alam dan warisan budaya kain di Sumatera Utara yang telah dikenal luas di nusantara maupun secara global.Kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu bentuk komitmen kita semua dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Karya Kreatif Sumatera Utara Tahun 2020 ini juga ditujukan sebagai salah satu upaya untuk mengakselerasi kebangkitan UMKM di tengah pandemi Covid-19 dan adaptasi UMKM menjalani kehidupan normal yang baru, serta mendorong UMKM dalam memanfaatkan peluang untuk bertransformasi, berinovasi diera digital, khususnya produk UMKM dibidang fashion, food, dan kopi, kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu bentuk komitmen kita semua dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia," tegas Wiwiek.

Karya Kreatif Sumatera Utara ini akan dilaksanakan secara semi virtual selama 3 hari terhitung sejak tanggal 28 Agustus 2020 sampai dengan 30 Agustus 2020.Pada kesempatan ini juga akan diadakan webinar, lomba Latte Art Coffee dan beberapa kegiatan lain.

"Kami informasikan bahwa, selama 3 hari penyelenggaraan KKSU 2020, kami telah mengagendakan beberapa kegiatan menarik, diantaranya: Webinar “Kiat Sukses Pengrajin Kain Tradisional/Daerah Menghadapi Pasar Global melalui Pemasaran Digital”, pada sore hari ini mulai pukul 14.00 WIB dengan narasumber desainer nasional Didiet Maulana. Talkshow “Cofffeepreneurs Think Globally”, pada hari Sabtu, 29 Agustus 2020 mulai pukul 10.00 WIB, narasumber Haris Hartanto (founder “Coffeenatics”) dan Mikael Jasin (Juara Barista Nasional 2019). Pada kesempatan ini juga akan diadakan lomba Latte Art Coffee. Selain itu ada seminar “Menggali Kejayaan Kain Daerah Untuk Nusantara di Era Digital”, pada hari Sabtu, 29 Agustus 2020 mulai pukul 14.00 WIB, narasumber desainer nasional Wignyo Rahadi", papar Wiwik.

Kegiatan seminar ini akan dirangkaikan dengan Fashion Show yang akan menampilkan ragam pesona kain Sumatera Utara dan lomba Desain Baju Etnik.Showcasing dan bazaar produk UMKM sektor fashion, food dan ragam produk kopi Sumatera Utara binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Sibolga, dan Pematang Siantar.

Terdapat 18 UMKM binaan BI yang menampilkan produknya di area Gedung UPT Pusat Layanan Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara ini, baik yang berada di Lt. 2 maupun lantai 1, bergabung dengan UKM binaan Dinas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, UMKM binaan perbankan dan lembaga lain yang secara rutin men-showcase produknya di area Gedung UPT PLUT.(torong)