Ledakan Tabung Gas Mengakibatkan 4 Meninggal,9 Luka Berat

27 Agustus 2020
Deli Serdang | Indonesia Berkibar News - Dansat Brimob Terun ke Lokasi Ledakan di Hamparan Perak. Sebuah peristiwa ledakan yang terjadi pada sebuah bengkel KM 29 di Jalan Teuku Amir hamzah, Kecamatan Hamparan Perak, Tandam Hulu II, Kamis (27-08-2020) sekitar pukul 10.00 WIB telah. nyebabkan 4 orang meninggal dan 9 orang luka berat.

Informasi yang diperoleh, sejauh ini, baru empat korban tewas yang telah teridentifikasi, masing-masing atas nama, Erwin (27) warga Km 19, Kelurahan Tunggurono Kecamatan Binjai Timur yang mengalami kepala pecah, ketika sedang mengelas dan meninggal ditempat.

Kemudian Ayu (24) kasir bengkel, warga Desa Tandem Hilir I Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, mengalami luka-luka pada dada dan leher, ketika duduk di meja yang berjarak 3 m dari mesin las yang meledak dan meninggal di tempat.

Selanjutnya Budi Irwansyah (39) supir, warga Desa Marindal Medan, mengalami putus pergelangan tangan dan bagian kepala pecah akibat serpihan ketika melintas di depan bengkel las Km 29 dan meninggal di Klinik Wirahusada.

Lalu Suryadi (37) karyawan bengkel warga Desa Sendang Rejo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat mengalami luka pada bagian kepala. Waris (40) karyawan bengkel warga Pasar 8 Desa Sidumolyo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat mengalami luka bagian perut. Terakhir Mugiono (50) karyawan bengkel warga Dusun I Purnamasari Desa Tandem Hulu II Hamparan Perak mengalami luka pada bagian kepala.

Selain itu satu orang korban, juga diketahui berada di RS Bidadari Binjai, atas nama Hadi Suwito (70) warga Dusun I Purnamasari Desa Tandem Hulu II Hamparan perak mengalami luka pada bagian kaki. Sehingga dapat diketahui, dari 10 korban ini, satu diantaranya adalah korban tewas yang keempat.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sumut Kombes Pol Abu Bakar Tertusi yang mendapatkan laporan peristiwa ini juga ikut terjut ke lokasi kejadian.

Dia menyebutkan, adapun penyebab ledakan pada bengkel milik Suriono itu terjadi, diduga lantaran satu tabung gas yang di pergunakan untuk mengelas/potong besi meledak, yang saat itu sedang digunakan oleh korban Erwin yang meninggal ditempat.

"Selain korban tewas dan luka-luka, empat unit mobil dan satu sepeda motor rusak. Sedangkan rumah warga yang bertetangga dengan bengkel las juga mengalami kerusakan pada bagian dinding, atap dan jendela," ungkapnya.

Abu Bakar menambahkan, saat ini lokasi kejadian sudah diberi garis police line. Sedangkan untuk kerugian material, sejauh ini belum dapat ditaksir."jumlah tabung (gas 12 kg) yang meledak ada 5 unit.

Setelah berkordinasi dengan Kasubden Jibom, diketahui bahwa tidak ada unsur bahan peledak (bom). Sehingga Hal ini diduga akibat kurangnya kehati-hatian tuturnya.(Indra)