Panitia Kurban Miris Jadi Korban Amukan Hewan Kurban Yang Akan Disembelih

1 Agustus 2020

Pagar Merbau | Indonesia Berkibar News - Panitia pelaksana penyembelihan kurban Masjid Nurul Hidayah Desa Tanjung Garbus Kampung Kecamatan  Pagar Merbau Kabupaten  Deli Serdang, miris jadi korban amukan hewan kurban yang akan disembelih,Sabtu(01-08-2020.

Menurut keterangan Panitia kurban kronologi kejadian sangat tidak disangka karena hewan kurban yang akan disembelih sudah terbaring akan tetapi karena tiba tiba hewan kurban meronta kaki hewan mengenai salah seorang anggota panitia pelaksana penyembelihan hewan kurban Rigus(70) penduduk setempat.

Anggota panitia pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang kena tendangan keras kaki hewan kurban Rigus, saat itu juga dilarikan ke Klinik terdekat setelah mendapat perawatan insentif akhirnya bisa di bawa pulang karena sakitnya tidak sesuai, keluarga korban tendangan lembu yang tadinya khawatir akhirnya merasa lega.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di masa Pandemi covid-19, Panitia mengikuti protokol kesehatan, cara pembagian daging kurban calon penerima daging kurban terlebih dahulu menerima kupon untuk mengambil daging kurban di masjid Nurul Hidayah Desa Tanjung Garbus Kampung.

Hal itu dilakukan untuk mencegah kerumuman warga.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban berlangsung di hadiri oleh Kepala Desa Tanjung Garbus Kampung Purwito, Babinkamtibmas Desa Tanjung Garbus Kampung Bripka Toyib Lubis, Ketua BPD Desa Tanjung Garbus Kampung Santoso, di saksikan oleh Tokoh Agama Desa Tanjung Garbus Kampung,dan di dukung oleh Yamaha Alfa Scorpii Jln Perintis Kemerdekaan  No 181 A Tg. Morawa.

Ketua Panitia Penyelenggara Persatuan Kurban (P3K) dan juga Ketua Panitia Pelaksana Penyembelihan Kurban Masjid Nurul Hidayah Desa Tanjung Garbus Kampung Kecamatan Pagar Merbau, Husni Choir Lubis SPd, mengharap semoga kejadian ini menjadi pengalaman para Panitia Pelaksana penyembelihan hewan kurban kedepannya nanti.

Terbentuknya Panitia Penyelenggara Persatuan Kurban (P3K) Masjid Nurul Hidayah Desa Tanjung Garbus Kampung Kecamatan Pagar Merbau atas kesepakatan jemaah masjid tersebut, sudah beberapa tahun ini terlaksana dengan baik dan lancar.

"Atas persetujuan para jemaah dengan Panitia, para warga yang ingin turut bergabung untuk berurban dengan cara menabung kepada Panitia Penyelenggara Persatuan Kurban (P3 K) Masjid Nurul Hidayah diwajibkan mencicil menabung sebesar Rp 180.000 per bulan selama 10 bulan,  1 ekor hewan kurban lembu untuk 7 orang, di tahun ini di hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah P3K dapat menyembelih 5 ekor hewan kurban lembu," paparnya.

Warga Desa Tanjung Garbus Kampung Kecamatan Pagar Merbau sangat antusias adanya P3K di Desanya karena warga yang ingin turut berkurban dengan cara menabung per bulan untuk membeli hewan kurban dengan cara patungan 7 orang per ekor yang di kordinatori oleh P3K.

Warga yang tidak mampu di sekitar Masjid Nurul Hidayah Desa Tanjung Garbus Kampung sangat senang terbentuknya P3K Masjid Nurul Hidayah, dalam beberapa tahun ini warga yang tidak mampu tetap menikmati daging, karena itu mereka mengharapkan semoga P3K  tetap langgeng dan sukses selalu. (Nurdin)