PDAM Tirtanadi Sumut Tanam 300 Pohon Di Mata Air Rumah Sumbul Untuk Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

12 Agustus 2020
Sibolangit | Indonesia Berkibar News - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menyelenggarakan ramah tamah Dewan Pengawas (Dewas), Direksi Tirtanadi dan Forum Wartawan Tirtanadi (Forwadi), bersama melaksanakan penanaman 300 pohon di Rumah Sumbul, Rabu(12-08-2020) siang.

Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Sumut Fauzan Nasution menyebutkan, sejak 1905 hingga sekarang Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sibolangit yang disuplay ke pelanggan di Kota Medan berasal dari 3 Desa, yaitu  Desa Sibolangit, Desa Sumbul dan Desa Laubeng Klewang.

“Jika debit air dari Sibolangit ini berkurang, akan mempengaruhi debit air 600 liter per detik untuk didistribusikan ke pelanggan, untuk itu PDAM Tirtanadi rutin melakukan penanaman bibit tanaman agar debit air tetap terjaga,” papar  Fauzan Nasution.

Selanjutnya  PDAM Tirtanadi Sumut juga terus mencari sumber-sumber air lain, sehingga distribusi air ke pelanggan di Kota Medan akan tetap terjaga. “Jika sumber berkurang, Kota Medan akan menjadi defisit air. Makanya tetap dilakukan perawatan agar sumber tak berkurang, ungkap Fauzan Nasution.

"Saya mewakili Direksi juga memohon maaf jika terkadang debit air berkurang di IPA Sibolangit, dan mengakibatkan ketidaknyamanan bagi pelanggan.Tak ada gading yang tak retak, semuanya bisa diperbaiki,” tegas  Fauzan Nasution.
 Sementara Dewan Pengawas (Dewas) PDAM Tirtanadi diwakili  Silmi mengatakan  seminggu setelah dilantik pihaknya langsung melakukan peninjauan ke sumber-sumber air di Rumah Sumbul. Dalam kunjungan itu, pihaknya menemukan sepanjang menuju Rumah Sumbul banyak resapan-resapan air.

“Kami temukan banyak sumur-sumur berpotensi untuk menambah pasokan air. Kami berharap dengan adanya penanaman pohon akan menambah sumber air agar terjaga pasokan,” papar Silmi.

PDAM Tirtanadi Sumut agar mencari pasokan mata air baru, agar suplai air ke pelanggan tetap terpenuhi dan para pelanggan merasa puas dengan pelayanan diberikan, harap Silmi.

Ketua Forwadi  Amrizal SH menyampaikan harapan agar hubungan silaturahmi dengan Direksi PDAM Tirtanadi lebih dipererat dengan melakukan pertemuan bersama wartawan minimal 3 bulan sekali.

"Kami seluruh Pengurus dan anggota Forwadi siap mendukung kinerja Direksi untuk melakukan pemberitaan dan menyampaikan program kerja  PDAM Tirtanadi Sumut, untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan agar mereka puas," papar Amrizal.

Penanaman 300 pohon dilakukan secara simbolis oleh Direktur Air Limbah Fauzan, Dewas PDAM Tirtanadi Silmi, Ketua Forwadi Amrizal SH dan Wakapolsek Pancurbatu AKP P Panjaitan. Adapun jenis pohon yang ditanam diantaranya, Akasia, Durian, Ketapang dan masih banyak jenis lainnya.
Salah seorang wartawan tidak mau sebutkan namanya mengapresiasi pertemuan silaturahmi dilaksanakan Direksi PDAM Tirtanadi, Dewan Pengawas dan Forwadi, karena pertemuan seperti ini baru kali semenjak Forwadi terbentuk, walau saya baru meliput di PDAM Tirtanadi Sumut

"Saya sangat apresiasi usul Ketua Forwadi Amrizal untuk melakukan pertemuan silaturahmi setiap 3 bulan sekali, telah diamini Direktur Air Limbah disaksikan  Dewan Pengawas Silmi, kami anggota Forwadi minta Direktur PDAM Tirtanadi dan Dewan Pengawas, Forwadi agar lebih bersinerji kedepannya," harapnya.(torong)