Bupati Asahan H. Surya Bsc Apresiasi Kunjungan Kapolda Sumut Ke Asahan

4 September 2020


Kisaran | Indonesia Berkibar News - Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan menyambut kunjungan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin MSi beserta jajaran pejabat utama Polda Sumut ke Kabupaten Asahan, Jumat (04-09-2020).

Kunjungan tersebut sebagai upaya mendukung ketahanan pangan pada masa pandemi Covid - 19 di wilayah Hukum Polda Sumut sekaligus dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker agar terhindar dari penyebaran virus Corona yang telah mewabah itu.

Mengawali rangkaian kegiatannya di Kabupaten Asahan, Kapolda Sumut mengunjungi Mapolres Asahan dan melakukan pertemuan dengan Forkopimda Asahan dan Pejabat utama di lingkungan Polres Asahan membahas kondisi kamtibmas yang ada di Kabupaten Asahan.

Kemudian dalam rangkaian kunjungan tersebut Kapolda beserta rombongan mengunjungi Kampung Paten yang terletak di Desa Bunut Sebrang Kecamatan Pulo Bandring dan memberikan bantuan kepada masyarakat Kecamatan Pulo bandring berupa 1 ton beras, 50 paket alat semprot dan 1 ton pupuk kompos kepada kelompok pedagang bunga, 1/2 ton pakan ternak kepada kelompok ternak serta 100 bibit pisang barangan merah kepada kelompok tani. Setelah itu Irjen Pol. Martuani Sormin juga tampak mengunjungi Mapolsek Kota Kisaran untuk menaburkan bibit ikan lele dan memanen 11 ribu ikan lele.

Atas adanya kunjungan Kapolda Sumut tersebut, Bupati Asahan H. Surya BSc menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi kepada Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin MSi beserta jajarannya.

Atas nama Pemkab Asahan, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Kapolda. Menjadi suatu kebanggaan bagi kami masyarakat Kabupaten Asahan, Bapak Kapolda mendukung Kabupaten Asahan dalam ketahanan pangan di masa covid - 19 dan ikut serta dalam mensosialisasikan penggunaan masker kepada masyarakat Kabupaten Asahan, ujar Bupati H. Surya Bsc.

Kemudian Bupati juga menyampaikan di masa siaga Covid - 19 saat ini, Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan dan masyarakat secara bersama - sama telah berupaya melakukan hal - hal pencegahan untuk tidak menyebarnya wabah virus corona di Kabupaten Asahan.

Forkopimda bersama masyarakat telah melakukan berbagai langkah seperti penyemprotan disinfektan, himbauan untuk memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, menjauhi lokasi yang menjadi pusat keramaian dan mengecek kondisi kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Asahan dalam rangka mencegah penyebaran Covid - 19 di daerah ini, papar Surya sembari menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan saat ini akan menyerahkan bantuan hibah kapal patroli kepada Polres Asahan khususnya untuk Satuan Polisi Air yang nantinya akan dibentuk oleh Polres Asahan.

Sementara Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto Sik  melaporkan kepada Kapolda Sumut bahwa Polres Asahan juga telah melakukan inovasi untuk mendukung ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Asahan, salah satunya melalui budidaya ikan air tawar dan budidaya pisang barangan merah yang ditempatkan di Polsek Kota Kisaran.

Hal ini kami lakukan untuk meningkatkan motivasi di kalangan internal Polres Asahan maupun masyarakat Kabupaten Asahan untuk gemar dalam membudidayakan ikan dan bercocok tanam, karena selain mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat, hasil yang didapat dari kegiatan tersebut juga dapat menambah penghasilan keluarga, ujar Kapolres Asahan.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, MSi menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Asahan beserta masyarakat Kabupaten Asahan. kapolda juga menyampaikan kedatangannya kali ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid - 19.

"Saya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Asahan agar mengikuti himbauan dari Pemerintah serta menerapkan protokol kesehatan, sehingga penyebaran Covid - 19 di Sumatera Utara khususnya di kabupaten Asahan dapat kita minimalisir," papar Kapoldasu.

Kapoldasu juga menambahkan bahwa TNI - Polri dan Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk melindungi rakyat. Oleh karena itu, Martuani mengajak seluruh stakeholder yang ada untuk saling bersinergi menjaga masyarakat di wilayahnya dari krisis kesehatan dan perekonomian salah satunya melalui upaya peningkatkan ketahanan pangan di wilayah masing - masing.(ans/yd/torong/zul)