Gubernur Sumut Berikan 115 Paket Sembako Untuk Korban Angin Puting Beliung

18 September 2020


Deliserdang | Indonesia Berkibar News
- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengunjungi korban angin puting beliung di Jalan Datuk Kabu, Pasar III Tembung, Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Jumat (18-09-2020). Pada kesempatan tersebut Gubernur memberikan bantuan 115 paket sembako kepada para korban bencana alam tersebut.

Diketahui, hujan yang disertai angin puting beliung, Selasa (15-0-2020) lalu, mengakibatkan 330 unit rumah mengalami kerusakan di Deli Serdang, dengan rincian Percut Sei Tuan 115 unit, Tanjung Morawa 18 unit, Batang Kuis 37 unit, Hamparan Perak 149 unit dan Sunggal 11 unit.

Gubernur menyerahkan langsung bantuan paket sembako tersebut kepada 2 kepala keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan dihantam angin puting beliung. Rumah keduanya masing-masing mengalami kerusakan pada bagian atap rumah, bahkan sebagian terbang terbawa angin.

Selain itu, juga diberikan bantuan secara simbolis kepada 4 Kecamatan lain di Deli Serdang yang terdampak angin puting beliung, yakni Kecamatan Tanjung Morawa, Sunggal, Batang Kuis dan Hamparan Perak.

Kepada para camat yang menerima bantuan simbolis, Gubernur mengharapkan agar dapat segera disampaikan langsung kepada rakyat, sehingga rakyat bisa menggunakannya secepat mungkin. “Pesan saya hanya satu, tolong sampaikan segera ke rakyat, karena rakyat membutuhkannya saat ini,” kata Gubernur yang didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset M Fitriyus dan Plt Kadis Kominfo Sumut Irman Oemar.

Selain itu, Gubernur juga mengharapkan agar organisasi masyarakat ikut membantu memperbaiki rumah yang rusak, sehingga bisa segera ditempati dengan layak oleh keluarga terdampak. “Ormas ini, tolong bantu perbaiki rumah yang rusak, biar cepat pulih lagi seperti awal,” ujar Gubernur kepada organisasi masyarakat yang turut hadir pada kesempatan itu.

Zulkifli, warga Pasar III Tembung yang rumahnya terdampak menceritakan bagaimana rumahnya rusak akibat angin puting beliung. Katanya, terjadi hujan lebat beserta angin kencang pada Selasa lalu. Namun tidak ada satu pun keluarganya yang terluka akibat peristiwa itu. “Kan hujan sore itu, bukan hanya atap yang terbang, rangka-rangkanya juga ikut terbang,” kenang Zulkilfi.

Zulkilfi berterima kasih lantaran kunjungan dan bantuan yang diserahkan oleh Gubernur sore itu. “Terima kasih atas bantuan yang diberikan Gubernur, kami bersyukur sekali,” kata Zulkifli.(torong/bundo)