Hari Jadi Kab Dairi ke -73 Tahun DPRD Gelar Sidang Istimewa, Bupati Dairi Sampaikan Beberapa Program

1 Oktober 2020


Dairi | Indonesia Berkibar News
- Memperingati Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-73 Tahun 2020, Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan beberapa program yang telah dikerjakan dan yang sedang dikerjakan oleh Pemkab Dairi untuk pembenahan dan penyelenggaraan Kabupaten Dairi yang lebih baik. 

Hal tersebut disampaikannya,di Gedung Dewan DPRD Dairi pada saat sidang Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-73 Tahun 2020, Kamis(01-10-2020).

Dalam Pidatonya, Bupati menyebutkan ada 11 program yang telah dan sedang dikerjakan oleh Pemkab Dairi.

Diantaranya adalah pertama penyederhanaan organisasi. Dalam rangka peningkatan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pada Tahun 2019 telah dilakukan penyederhanaan organisasi melalui penetapan Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Dairi Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Dairi, dimana Perangkat Daerah yang sebelumnya 47, disederhanakan menjadi 40 perangkat daerah.

Kedua adalah peluncuran Kartu Tani. Dalam mengatur dan mengelola distribusi pupuk bersubsidi Pemkab  Dairi menetapkan Peraturan Bupati Dairi Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kartu Tani dan sampai dengan bulan Februari Tahun 2020, Kartu Tani yang sudah tersalur sampai dengan 28 eptember 2020  sebanyak 25.565 kartu. 

Ketiga, Public Safety Center (PSC) 119 Di Sektor Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Dairi membentuk Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu (Public Safety Center) PSC 119 yang ditetapkan melalui Keputusan Bupati Dairi Nomor 553/370/VI/2019. PSC 119 bertujuan memberikan pertolongan pertama kasus kegawat daruratan medis, kecelakaan lalulintas dan bencana.

Selanjutnya mendorong dan menerapkan pelaksanaan transaksi non tunai menuju Dairi 4.0. Ketujuh yaitu, penerapan Quick Respon Code Indonesian Standart (QRIS) di Pasar dan Rumah Ibadah.

Ketujuh yaitu Fasilitas  Hemodialisa dan Cuci Darah di RSUD Sidikalang. Saat ini di RSUD Sidikalang telah tersedia Ruangan Hemodialisa atau Ruangan Cuci Darah yang kita harapkan akan sangat membantu masyarakat Kabupaten Dairi dan Kabupaten sekitar kita yang belum tersedia Hemodialisa,” jelasnya. 

Ke Delapan yaitu Website disperpusip.dairikab.go.id, dimana untuk meningkatkan layanan perpustakaan dan kearsipan di Kabupaten Dairi, membudayakan membaca serta menggunakan literasi dengan bijak, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi telah menyediakan website disperpusip.dairikab.go.id.

Ke Sembilan yaitu Aplikasi Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PERKEBBAS). Perkebbas merupakan singkatan dari Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online yang mana dirancang dan diciptakan untuk mewujudkan digitalisasi pelayanan administrasi kependudukan yang mudah, cepat dan transparan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diakses dan diperoleh tanpa datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan ke Kantor Kecamatan,” imbuhnya. 

Ke Sepuluh yaitu Sektor Kepariwisataan. Pada Sektor Kepariwisataan, keberadaan dermaga terapung di Kecamatan Silahisabungan yang dibangun pada Tahun 2019 menarik banyak minat wisatawan dan yang ke Sebelas adalah Sektor Pertanian. Dalam rangka mewujudkan akselerasi kejayaan kopi Sidikalang, maka Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi telah melakukan pembinaan petani kopi melalui Koperasi Cimata sebagai offtaker. Sampai dengan saat ini telah dilakukan penanaman kopi arabika sebanyak 377.829 batang dan 189Ha oleh mitra binaan.

“Setidaknya hal yang disebutkan diatas adalah beberapa program yang telah dan sedang dikerjakan. Selain itu, Peringatan Hari Jadi Kabupaten Dairi yang ke-73 ini adalah sebuah momentum dalam mengevaluasi serta mengambil hikmah berbagai hal yang telah kita lakukan serta merumuskan dan merencanakan hal-hal yang akan kita laksanakan di tahun-tahun mendatang. Berbagai Saran dan Masukan yang disampaikan kepada Pemkab.Dairi sedapat mungkin kami upayakan untuk segera diperbaiki dan dibenahi sesuai dengan ketentuan yang berlaku melalui program kerja dan kegiatan yang ada di Organisasi Perangkat Daerah dengan tetap mempertimbangkan waktu serta  kemampuan anggaran,” kata Eddy.

Sedangkan kita yakini bersama apa yang sudah kita laksanakan dan persembahkan untuk Kabupaten Dairi dalam kurun waktu 1 Tahun ini adalah buah kerjasama dari seluruh stakeholder dan perlu untuk dilanjutkan dan dievaluasi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dairi. Oleh karena itu kerjasama yang baik yang telah kita pupuk dan kita jalin selama ini harus terus ditingkatkan dalam semua aspek. Karena kita meyakini dengan semangat kebersamaan antara pihak eksekutif, legislatif dan dengan peran aktif masyarakat, maka beban tugas yang dipikul akan jauh lebih ringan pelaksanaannya, dan cita-cita kita untuk mewujudkan Dairi Unggul akan dapat kita wujudkan, ujarnya. 

Bupati juga menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Dairi, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Seluruh Aparaturs Sipil Negara Kabupaten Dairi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Pimpinan Organisasi-organisasi kemasyarakatan, pers dan LSM serta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Dairi atas kerjasama dan partisipasinya dalam mendukung kelancaran pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Dairi selama satu tahun belakangan ini.

Sidang Paripurna istimewa DPRD Dairi  dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-73 Tahun 2020 dihadiri Wakil Ketua DPRD Dairi, Halvensius Tondang dan Wanseptember SH, Anggota DPRD Dairi,  Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing SH, Dandim 0206/Dairi, Letkol Arm Adietya Y Nurtono, Kapolres Dairi, AKBP Ferio Sano Ginting SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Dairi, Syahrul Juaksha Subuki SH, mewakili PN Sidikalang, Sekretaris Daerah beserta para pimpinan OPD dan pejabat struktural di jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Romi Mariani Eddy Berutu, Ibu Ketua Darma Wanita Persatuan, Ny. Elpinka Edy Banurea, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta para Insan Pers dan LSM.(LIPSUM)