Covid-19 Konpres : Meningkat Kesadaran Masyarakat Medan

2 November 2020


 Medan | Indonesia Berkibar News - Masyarakat kota Medan ternyata telah menyadari  betapa ekstra penting melakukan  protokol kesehatan (PK)  untuk  menangkal virus corona-19 yang  mewabah. Kesadaran  masyarakat itu  sebagai  buah hasil  kerja  keras dari Pemko Medan. Meski untuk menyadarkan masyarakat  bukan hal yang begitu mudah . Pasalnya masih saja  ada yang menganggap sepele Corona-19  bukan suatu hal yang perlu  ditakuti.

Namun, dengan kegigihan  aparat  Gugus Tugas Percepatan Penanganan( GTPP) Covid-19 Kota Medan, ditambah lagi masyarakat  selalu  melihat tivi, membaca koran  betapa  " ganas"nya  virus Corona-19 dalam  menularkan  kepada  orang lain. Hanya  bersentuhan berjabat tangan , batuk, bersin dari orang sudah terpapar  Corona-19. Tak pelak! maka berjangkit.

Untuk itulah, ujar Satgas  GTPP  Kota Medan, Mardohar  Tambunan, Senin (02/11/2020) dalam Konprensi Pers bersama wartawan Pemko Medan, di Posko GTPP Kota Medan, Jalan Rotan Petisah,  kesadaran masyarakat itu  memang  perlu diapresiasi karena memberikan dampak  dalam  menekan  virus Covid-19.

Untuk memutus matarantai penyebaran virus Corona-19, Pemko Medan  telah  sosialisasikan Perwal No.27/2020, katanya, dengan melakukan pengawasan  tempat keramaian seperti  pusat perdagangan, tempat tempat hiburan sekaligud melakukan pengecekan apakah  mereka menerapkan protokol kesehatan.

 Mardohar  bilang ,Satgas GTPP  Tidak melakukan  penutupan terhadap  perusahaan  hiburan seperti kolam  pemandian dan sejenisnya,  itu merupakan  wewenang  Satgas GTPP provinsi Sum.Utara.

Mengenai  adanya beredar seputar disebut sebut adanya  oknum di sementara  Rumah Sakit yang "memanipulasi" data jenazah dinyatakan  meninggal  karena Corona-19 dengan tujuan  mengambil  keuntungan, sebenarnya tidak benar. Itu tidak benar.Semua Rumah Sakit yang dihunjuk melakukan pelayanan Corona-19  melakukan tugasnya sesuai ketentuan, tukasnya.

Melaksanakan, Protokol Kesehatan  bukanlah suatu  hal  sulit sebaliknya  cukup mudah, murah, terapkan tiga (3M) memakai  masker,menjaga jarak dan mecucitangan dengan sabun. Lakukanlah dengan penuh kesadaran dan keikhlasan selain untuk diri sendiri,juga keluarga.(bundo)