Bupati Ashari Tambunan Ajak Para Guru Mendidik Generasi Muda Untuk menjadi Maju dan Cerdas

14 Januari 2021


Lubuk Pakam |Indonesia Berkibar News
- Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang adakan Sosialisasi, Monitoring dan Evaluasi Ketercapaian pelaksanaan Program Desa Satu dan Gerakan Deli Serdang Berseri yang hadiri Bupati H Ashari Tambunan, Muspika Kecamatan serta Pimpinan OPD terkait yang bertempat di SDN 101794 Desa Patumbak 1,Kamis (14/1/2021).

Setiba dilokasi Bupati H Ashari Tambunan langsung mengunting pita peresmian Mushollah Barokah SDN 101794 Patumbak 1, menandatangani 22 prasasti Mushollah se-kabupaten Deli Serdang, penyerahan Piagam Penghargaan Inovative Goverment Award (IGA) serta menyerahkan bantuan CSR dari PT.Indomaret Cabang Tanjung Morawa sebanyak 50 laptop kepada Siswa dan Guru.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menyampaikan Visi Kabupaten Deli Serdang adalah Deli Serdang yang maju, Sejahtera, religius, dan masyarakatnya Rukun dalam Kebhinekaan, Kabupaten Deli Serdang sebagai sebuah wilayah yang sudah dianugrahkan tuhan yang wilayahnya subur, letaknya secara geografis sangat strategis, dan menguntungkan, serta sumberdaya alamnya melimpah.

H Ashari Tambunan juga mengatakan bahwa potensi itu tidak akan memberika apa-apa kalau tidak dikelola dengan baik dan benar, dan siapa yang mengelola, jelas yang mengelola adalah kita manusianya, artinya sesungguhnya yang perlu maju adalah manusia Deli Serdangnya dan yang mau disejahterakan adalah manusianya dan bukan wilayahnya, karna wilayahnya itu sudah merupakan anugrah, dan bagaimana ikata harus membuat manusianya maju, sejahtera, religius, serta manusianya yang hidup rukun, terpulang kepada sejauhmana para Guru berkomitmen, bersungguh-sungguh ikhlas mendidik manusia-manusia Deli Serdang.

“Bapak Ibu para Guru, didik generasi muda Deli Serdang untuk menjadi orang-orang yang maju, dan bukan hanya kecerdasan intelektualnya tapi yang paling penting adalah bagaimana karakternya, mentalnya, karna orang yang maju itu adalah orang yang cerdas,”kata Ashari tambunan.

Sebelumnya Kadis Pendidikan H Timur Tumanggor Juga menjelaskan pada rangkaian kegiatan yang diisi dengan berkomitmen bersama melanjutkan Program Cerdas, Program Opungsari Basahbang, dan Program Mesra Bertuah, dalam mewujudkan Desa Satu ( Deliserdang Sekolah Bermutu) untuk bersama sama melakukan berbagai kreasi, inovasi, yang terus menerus dilaksakan, dikembangkan, diperluas dan di implementasikan bagi seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Deli Serdang.

“Indikator Ketercapaian Desa Satu dan Berseri mudah mudahan tercapai 100% di tahun 2021,”kata Timur.

Dalam upaya melanjutkan Program Desa Satu beberapa capaian prestasi yang diperoleh Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang untuk tahun 2020 diantaranya pertama keberhasilan meraih penghargaan TOP 45 inovasi pelayanan publik tahun 2020 dari Menpan RB merupakan suatu prestasi yang membanggakan kepada Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Hal ini menunjukan bahwa Kabupaten Deli Serdang bisa berdiri sejajar dan bahkan lebih dari kabupaten kota lainya di Indonesia, kedua Anugrah 8 daerah kabupaten /kota sebagai penyelenggara Kihajar Dewantara Tik Nasional dari pusat data dan informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ketiga Dinas Pendidikan dengan Program Cerdas Berkarakter juara 1 Tingkat Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta masih banyak lagi penghargaan lainya yang telah diraih,ucap  Timur Tumanggor.

“Semua pembangunan Mushollah di beberapa sekolah se-Kabupaten Deliserdang merupakan lanjutan dari program Cerdas yaitu pembangunan 22 Mushollah dibangun secara swadaya masyarakat yang merupakan sumbangsih daripada orangtua murid terutama wali murid melalui Komite Sekolah dan paguyuban Orang Tua,”kata Timur.. (Nurdin)