DPRD Kota Medan Gelar Paripurna Reses Masa Sidang II Tahun 2021, Pemko Terima Hasil Reses Anggota DPRD Medan Dari Dapi I s/d V

23 Maret 2021

Medan - Pemko Medan menerima hasil reses masa sidang kedua tahun kedua tahun 2021 anggota DPRD kota Medan dari daerah pemilihan I sampai dengan V. Hasil reses tersebut diserahkan langsung oleh Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim,SE kepada Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution,SE.,MM melalui sidang paripurna DPRD Kota Medan di Gedung DPRD Kota Medan, Selasa (23/03/2021).


Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, Sidang paripurna ini turut pula diikuti oleh Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman,SE, Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman,MM, anggota DPRD dan pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan baik yang hadir secara langsung ataupun melalui sambungan virtual.

Hasil Reses masing-masing anggota DPRD mulai dari Daerah Pemilihan (Dapil) I hingga Dapil V itu kemudian disampaikan ke Pemko Medan dalam sidang paripurna DPRD Kota Medan, yang dipimpin Ketua DPRD, Hasyim. Dari laporan yang disampaikan, masalah infrastruktur baik jalan maupun drainase masih mendominasi persoalan yang terjadi di masyarakat Kota Medan.


Dapil I meliputi Kecamatan Medan Barat, Medan Baru, Medan Helvetia dan Medan Petisah dalam laporannya yang disampaikan, Edward Hutabarat, meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan pengaspalan/pengecoran jalan beberapa lokasi di wilayah Dapil I, seperti di Jalan Mesjid Sei Agul, Jalan Bakti Gang Gembira Tanjung Gusta dan Jalan Palem Raya Helvetia.


Selain itu diminta melakukan pembangunan dan peremajaan drainase di beberapa lokasi, seperti Jalan Ayahanda, Jalan Pengayoman dan Jalan Pembangunan Gang Sepakat.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan di minta melakukan perbaikan dan penggantian lampu jalan di beberapa lokasi, seperti di Jalan Karya Gang Sosro Karang Berombak, Jalan Pramuka Cinta Damai dan Jalan Orde Baru. Selain itu juga di minta melakukan penertiban sampah serta penyediaan tempat sampah di beberapa lokasi di wilayah Dapil I.


Dapil II meliputi Kecamatan Medan Deli, Medan Marelan, Medan Labuhan dan Medan Belawan dalam laporannya yang disampaikan, Abdul Latif Lubis, meminta Dinas PU melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan beberapa lokasi di wilayah Dapil II, seperti Jalan Marelan VII, Jalan utama masuk Griya II Martubung Pasar VII Kelurahan Tangkahan dan Jalan Rawe IX Gang Melinjo.


Kemudian perbaikan dan pelebaran drainase di beberapa lokasi, seperti daerah martubung, Medan Labuhan.


Dinas Kebersihan dan Pertamanan di minta melakukan perbaikan lampu jalan di beberapa lokasi, seperti Jalan Selebes Titi Panjang Belawan, Lingkungan 28 Rengas Pulau Marelan dan Jalan Mangaan Lingkungan I Mabar.

Dapil III meliputi Kecamatan Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Tembung dalam laporannya meminta Dinas PU melakukan pengaspalan/pengecoran jalan di beberapa lokasi di wilayah Dapil III, seperti Jalan Pelita I, Kelurahan Sidorame Barat 2, Jalan Selamat Lingkungan V Medan Perjuangan dan Jalan Pukat Banting I.


Selain itu, diminta melakukan pembangunan dan peremajaan drainase di beberapa lokasi di Dapil III, seperti di Jalan Pelita II, Jalan Bilal Gang Persada II dan Jalan Pelita I sampai Jalan Perjuangan.


Dinas Kebersihan dan Pertamanan diminta melakukan pemasangan, perbaikan dan penggantian lampu jalan di beberapa lokasi, seperti di Jalan Bhayangkara I, Kelurahan Indra Kasih, Gang Tortor, Jalan Sering dan Jalan Prof HM Yami. Selain itu, diminta melakukan penertiban sampah serta pemotongan dan perapian pohon di beberapa lokasi di wilayah Dapil III.

 

Dapil IV meliputi Kecamatan Medan Amplas, Medan Area, Medan Denai dan Medan Kota dalam laporannya meminta Dinas PU agar melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan beberapa lokasi di wilayah Dapil IV, seperti Jalan Garu II B Gang Setia Medan Amplas, Jalan Bromo Gang Aman Lorong Yasin Medan Area serta Jalan Tenggiri Medan Area.


Dapil V meliputi Kecamatan Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Johor, Medan Tuntungan, Medan Selayang dan Medan Sunggal dalam laporannya meminta Dinas PU untuk melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan beberapa lokasi di wilayah Dapil V, seperti Jalan Pintu Air IV Kwala Bekala sampai daerah Kebun Binatang Kelurahan Simalingkar B Medan Johor, Jalan Cempaka Pasar III Gang Kenanga Medan Selayang serta Jalan Setia Baru dan Jalan Mawar Ujung, Kelurahan Sari Rejo Medan Polonia.


Kemudian meminta Dinas PU melakukan perbaikan dan pelebaran drainase, seperti di Jalan Eka Surya Gang Pribadi, Jalan Raharja Gang Kembaren Tanjung Sari serta Jalan Perjuangan I, II dan II Medan Polonia. Selain itu juga meminta Dinas PU untuk melakukan pengerukan Sungai Batuan dan Sungai Selayang.

Ketua DPRD Kota Medan Hasyim, SE mengungkapkan harapannya kepada Pemerintah Kota Medan kiranya Hasil Reses Masa Sidang Kedua Tahun Sidang Kedua dari Daerah Pemilihan I S.D V ini dapat ditindak lanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku dan semoga dapat segera terwujud dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Medan.


Usai menerima hasil reses tersebut, Wali Kota Medan mengatakan pelaksanaan reses merupakan tugas Dewan yang penting dan strategis dalam rangka membangun komunimasi dengan masyarakat sehingga dapat di ketahui apa yang menjadi keinginan masyarakat dan arah tujuan dari pembangunan yang dilakukan Pemko Medan.


"Pelaksanaan reses ini sangat penting sehingga kita bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat, karenanya Pemko Medan akan terus menerima masukan dari hasil reses yang disampaikan" Kata Wali Kota Medan.
Meskipun demikian, Wali Kota Medan juga menyadari bahwa tidak semua hasil reses dapat ditampung namun tetap akan dijadikan prioritas pembangunan oleh Pemko Medan.

"Kami menyadari tidak semua hasil reses dapat diterima seluruhnya, namun setiap masukan yang diterima sudah terangkum dan beberapa sudah dimasukan kedalam perencanaan pembangunan di Kota Medan".ujar Wali Kota Medan.

Disamping itu Wali Kota Medan juga mengaku membutuhkan dukungan dari DPRD Kota Medan sebab Pemko Medan tidak dapar bekerja sendirian untuk membangun kota Medan.

"Apapun yang disampaikan siang hari ini tujuanya adalah untuk meningkatkan PAD Kota Medan, karena itu kami mohon dukungan dari DPRD agar kami dapat meningkatkan PAD kota Medan demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan kota medan."harap Wali Kota Medan.
Sebelumnya juga telah didengar hasil reses oleh anggota DPRD Kota Medan dari dapil I sampai dengan dapil V. Adapun sejumlah keinginan masyarakat kota Medan yang disampaikan pada saat reses diantaranya mengenai pembangunan dan perbaikan drainase, pelebaran dan pengerukan sungai, pemasangan lampu jalan, pengaspalan dan pembetonan jalan, perbaikan penyaluran bansos, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar, Rehabilitasi gedung puskesmas dan perluasan lapangan pekerjaan bagi para fres graduate.

Hasil reses yang telah disampaikan tersebut kemudian diserahkan Ketua DPRD Kota Medan kepada Wali Kota Medan. (torong/advetorial)