Jadi Narasumber Musrenbang di Langkat,Irman Oemar Sebut Sektor Pariwisata dan Agraris Berpotensi Dikembangkan

17 Maret 2021


Langkat | Indonesia Berkibar News
- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut)  Irman Oemar menjadi narasumber pada pembukaan Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Langkat Tahun 2022, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Jalan T Amir Hamzah, Stabat, Rabu (17/03/2021).

Dalam paparannya, Irman menyampaikan, RKPD mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, mengingat secara subtansial merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang telah ditetapkan dalam RPJMD.

“Karena itu dokumen-dokumen rencana yang dihasilkan forum-forum proses perencanaan adalah bagian terpenting dalam mencapai program-program yang diamanahkan oleh kepala daerah, khususnya dalam pencapaian visi-misi-nya,” katanya.

Menurut Irman, ada dua prospek yang ada di Kabupaten Langkat, yakni yang pertama pembangunan sektor pariwisata yang terintegrasi dengan kawasan strategis nasional di kabupaten/kota lain. Kedua membuat program agraris yang terintegrasi. “Dua hal ini yang berpotensi untuk dikembangkan di daerah ini,” ujarnya.

Disampaikan juga, terkait Musrenbang, Gubernur Sumut mengimbau agar forum-forum terkait jangan dijadikan sebagai rutinitas. Karena dokumen-dokumen yang dihasilkan pada agenda ini memiliki makna yang sangat penting.

Dijelaskannya, ada tujuh agenda pembangunan yakni salah satunya membangun sinergisitas antara program pemerintah pusat, program pemerintah provinsi dengan program-program kabupaten/kota, khususnya Kabupaten Langkat.

“Catatan penting bagi Bappeda, bagaimana mengoptimalkan kawasan pariwisata yang ada di Kabupaten Langkat, khususnya bagaimana mengoptimalkan pengembangan potensi sejarah Melayu yang ada, serta pembangunan infrastruktur di Kabupaten Langkat,” paparnya.

Sementara Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin saat membuka Musrembang mengatakan,  Musrembang yang dilaksanakan tersebut bernilai strategis dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan nasional dan daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakannya, proses Musrembang telah melalui tahap Musrembang tingkat desa, kelurahan dan kecamatan, serta forum gabungan perangkat daerah sampai dengan Musrembang tingkat kabupaten yang memiliki peran strategis dalam penyusunan rencana kerja Pemerintah Kabupaten Langkat tahun 2022.(bundo/torong)