Kunjungi Kantor Pusat Di Jakarta,Wagub Minta PNM Menyebar Dan Perbanyak Progam Di Sumut

8 Maret 2021


Jakarta | Indonesia Berkibar News
- Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berkunjung ke Kantor PT Permodalan Nusantara Madani (PNM), Menara Taspen, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (08/03/2021). Ini merupakan kunjungan balasan atas kunjungan PNM ke Rumah Dinas Wagub, Jalan Teuku Daud, Medan, beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Wagub Musa Rajekshah disambut langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PNM Arief Mulyadi. Upaya peningkatan sinergi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan PNM menjadi salah satu pembahasan dalam pertemuan tersebut.                                                  

Wagub mengapresiasi kinerja yang dilakukan PNM dalam membantu masyarakat kurang mampu, antara lain melalui pemberian modal usaha. Menurutnya, program yang dibuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan ini, juga menuntut tanggung jawab masyarakat dalam mengalokasikan modal yang diberikan.

Karena itu, menurutnya, hal ini menjadi poin penting yang membuat masyarakat semakin kreatif. "Saya sengaja datang ke Kantor Pusat PNM. Saya melihat kinerja yang dilakukan PNM sangat bermanfaat untuk masyarakat. Artinya tidak hanya memberikan modal, tapi juga membuat masyarakat itu kreatif," ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Ijeck berharap, PNM dapat lebih menyebar di Sumut dan membantu masyarakat kurang mampu lainnya lewat program yang ada. Apalagi di masa pandemi Covid-19, kondisi ekonomi sulit, lapangan kerja sulit karena banyak perusahaan yang mengurangi karyawan dan lain sebagainya.

“PNM masuk dan mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu solusi peningkatan ekonomi kita dan menjadi gairah semangat masyarakat bahwa pemerintah hadir di tengah kesulitan masyarakat," sebutnya.

Icejk juga mengharapkan, PNM dapat menambah program bermanfaat lainnya yang berdampak baik ke masyarakat. "Kami apresiasi PNM semoga terus berkembang. Mudah-mudahan ada tambahan lain selain Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Yang terpenting bermanfaat untuk masyarakat kita," harapnya.

Sementara itu, Dirut PNM Arief Mulyadi menjelaskan saat ini sebanyak 560 ribu warga Sumut telah menjadi nasabah. "Insya Allah dengan terbukanya kerja sama dengan Pemprov bisa menambah nilai untuk pelaku usaha khususnya ultra mikro dan mikro," paparnya.

Khusus untuk ultra mikro, Arief menargetkan penambahan nasabah sebanyak 650 ribu hingga akhir tahun ini. "Khusus yang ultra mikro, sasaran utama kami adalah masyarakat pra sejahtera. Saat ini ada 540 ribu yang dibiayai . Insya Allah, sampai akhir tahun bisa mencapai 650 ribu. Mohon dukungan. Semoga kerja sama ini bisa menjadi kontribusi kami untuk kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negeri," jelasnya.

Diketahui, PT PNM (Persero) merupakan sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang sahamnya 100% milik Pemerintah. Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan pada UMKM dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Direktur Bisnis PNM Anton Fahlevi, Direktur Kelembagaan Noer Fajrieansyah,  Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Sumut Nursalim Affan Hasibuan, dan Ketua Karang Taruna Sumut Dedi Dermawan.(torong/bundo)