Wali Kota Medan Resmi Menutup Musrenbang RKPD Kota Medan Tahun 2022

31 Maret 2021

  

Medan | Indonesia Berkibar News - Setelah berlangsung selama dua hari, musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) RKPD Kota Medan Tahun 2022 resmi di tutup oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution,SE.,MM, Rabu (31/03/2021) di Hotel Santika Dyandra.

Penutupan musrenbang ini di tandai dengan penandatanganan berita acara hasil kesepakatan musrenbang RKPD Kota Medan tahun 2022 oleh Kepala Bappeda Kota Medan, Wakil Ketua DPRD Kota Medan, narasumber, perwakilan dari peserta musrenbang, dan setelah itu Wali Kota Medan.

Wali Kota Medan dalam sambutanya menyampaikan apresiasi atas partisipasi seluruh peserta dalam mengikuti rangkaian musrenbang tahun 2022 khususnya kepada akademisi, narasumber, dan pimpinan OPD yang telah memberikan pemikiran agar musrenbang dapat mensejaterahkan masyarakat.

Dalam musrenbang ini juga tentunya terjadi musyawarah di dalamnya yang menjadi bagian dalam mencari jalan keluar ataupun solusi untuk pembangunan Kota Medan. Karenanya Wali Kota Medan menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar segera melaksanakan target yang telah ditetap dalam musrenbang ini.

"Saya minta kedepanya setelah musrenbang ini bisa dilaksanakan target yang sudah di tetapkan khususnya terhadap lima program prioritas Pemko Medan."kata Wali Kota Medan.

Wali Kota Medan juga meminta kepada pimpinan OPD agar memiliki target yang jelas. Memiliki informasi yang  dikelolah menjadi data dan rencana, setelah itu melakukan eksekusi (pengerjaan) sembari melakukan pengawasan. Bahkan Wali Kota Medan juga ingin agar pimpinan OPD tidak hanya memiliki kontrak kinerja saja, melainkan juga harus memiliki perjanjian target yang harus terealisasi.

"Pimpinan OPD harus memiliki target yang jelas, kalau misalnya dalam kurun waktu tertentu target tersebut tidak dapat tercapai oleh OPD maka akan ada koreksi, kita ingin membangun sistem yang lebih baik untuk kedepanya, karena itu apa yang sudah kita bicarakan tolong laksanakan."tegas Wali Kota Medan.

Sebelumnya Kepala Bappeda Kota Medan, Ir. Irwan Ritonga,MSi dalam laporanya mengatakan musrenbang yang telah dilaksanakan selama dua hari ini di ikuti lebih kurang 800 orang peserta baik yang hadir secara langsung ataupun melalui zoom meeting. Hal ini mencerminkan bahwa masyarakat dan pemangku kepentingan kota cukup peduli terhadap pembangunan kota Medan.

Musrenbang ini juga telah terselenggara dengan baik dan menghasilkan saran dan masukan untuk pembangunan tahun 2022.

"Saran dan masukan yang positif tersebut menentukan sasaran dan prioritas pembangunan serta program perangkat daerah dalam menyempurkan rancangan RKPD Kota Medan tahun 2022."kata Irwan Ritonga.

Dari hasil musrenbang ini, sebut Irwan telah di sepakati sebanyak 3334 usulan. Besarnya usulan yang masuk menunjukkan tingginya antuasias dari masyarakat yang harus di akomodasi sehingga OPD harus bisa menyatukan dan menyelaraskan kebutuhan masyarakat dengan prioritas pembangunan kota.

Penutupan musrenbang ini turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman,SE, Wakil Ketua DPRD Kota Medan, T. Bahrumsyah, dan Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman,MM.(bundo)