DPRD Nisel Gelar Rapat Paripurna Mendengar Pidato Perdana Bupati Dan Wakil Nisel

29 April 2021

 

Nias Selatan | Indonesia Berkibar News - DPRD Kabupaten Nias Selatan menggelar Rapat Paripurna dalam rangka mendengarkan Pidato Bupati Nias Selatan dan Wakil Bupati Nias Selatan terpilih, Periode 2021-2024. Hal ini berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nias Selatan, jalan Saonigeho KM. 3 Telukdalam, Kamis (29/04/2021).

Turut hadir : Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH beserta Ibu, Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, SH., MH beserta Ibu, mewakili Dandim 0213/Nias, oleh Danramil 13/Teluk Dalam, Mayor Inf. Hatiyanus Zega, Danlananl Nias Letkol Laut (P) Antonius Prasetyo, mewakili Kajari Nias Selatan oleh Kasi Intel, Satria Darma Putra Zebua, SH, Kapolres Nias Selatan, AKBP Arke Furman Ambat, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli,

Komisioner KPU Kabupaten Nias Selatan, Komisioner Bawaslu Kabupaten Nias Selatan, Mantan Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan, Sidi Adil Harita, Ephorus BKPN, Dr. Pdt. Foluaha Budaya, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, MM, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan Kepala Bagian Sekretariat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, Pimpinan Partai Politik dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam pidato perdana Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, SH., MH menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap masyarakat Nias Selatan, para pendukung dan simpatisan atas kepercayaan yang diamanatkan kepada kami, sehingga mengantarkan kami untuk menduduki jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan Periode 2021. “Kami menyadari bahwa tanpa sumbangsih pikiran, tenaga dan waktu, terlebih doa serta perjuangan dari Bapak/Ibu dan Saudara/saudari, niscaya cita – cita dan harapan kami berdua dapat tercapai”, ucapnya.

Pihaknya Juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kinerja penyelenggara dan pengawas Pemilu yang siang malam bekerja dengan tulus, pengamanan oleh TNI/Polri serta partisipasi seluruh elemen masyarakat demi terciptanya Pemilu yang jujur dan adil. Meskipun akhir diselesaikan melalui sidang Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, namun begitulah proses yang harus dilalui, agar Demokrasi yang transparan, Akuntabel dan valid, dapat tercipta di bumi Nias Selatan tercinta ini.

Ia juga menyampaikan bahwa Dalam kepemimpinan 5 Tahun sebelumnya, Misi SIWA SANUWU SIHONO telah menjadi tumpuan dalam pelaksanaan pembangunan, dan itu telah terbukti efektif dan merubah orientasi pembangunan yang sentralistik di Ibu Kota Kabupaten, menjadi pola pembangunan merata di wilayah Kecamatan hingga Desa, baik di daratan maupun di Kepulauan.

 Selanjutnya, dalam periode ini, pihaknya telah memantapkan pondasi sebagai panduan arah pembangunan dalam wujud Visi dan Misi dengan uraian, Visi : ” Nias Selatan Maju, Masyarakat Sejahtera”.

Dan Misi : 1. Menciptakan Kultur serta karakter yang bersih, jujur, transparan dan berorientasi pada pelayanan; 2. Pemerataan pembangunan dengan skala prioritas; 3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang sehat, berkualitas, berdaya saing serta kreatif dan inovatif; 4. Mengembangkan perekonomian masyarakat yang produktif dan tidak konsumtif; 5. Memberi rasa aman dan nyaman ditengah masyarakat.

Kelima Misi tersebut merupakan penajaman dari Misi SIWA SANUWU SIHONO, dengan tetap mempertahankan konsistensi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan di berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, ungkap Hilarius Duha.

Selain itu, Dia juga menyampaikan bahwa pasca Pilkada yang lalu mempunyai perbedaan politik yang membuat perpecahan antara kita, namun masa itu telah berlalu. Sekarang saatnya bersatu padu, bergandengan tangan dalam membangun keharmonisan dan terus memelihara harmoni keberagaman, agar rida Pemerintah dapat berjalan sesuai ritme demokrasi.

“Mari kita menggunakan momen istimewa ini sebagai wahana untuk rekonsiliasi dan konsolidasi pasca Pilkada serentak, agar target Visi dan Misi mendapatkan akselerasi sebagai usaha dari semua pihak”, harap Hilarius Duha. (Mesiana Bu’ulolo/torong)