Gubsu Edy Rahmayadi Sebut HMI Turut Mengawal Kemerdekaan

2 April 2021

Medan | Indonesia Berkibar News - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebutkan sejarah kelahiran Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tidak terlepas dari upaya memperjuangkan dan mengawal kemerdekaan RI. Bakan seorang pendirinya Lafran Pane, didaulat sebagai Pahlawan Nasional.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi pada acara Pelantikan Pengurus Majelis Wilayah (MW) Korps Alumni HMI (KAHMI) dan Forum Alumni HMIwati (Forhati) Sumut periode 2021-2026 di Regale Convention Hall, Jalan Adam Malik Medan, Jumat (02/04/2021). Hadir diantaranya Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Tokoh Masyarakat Sumut yang juga mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin, Presidium MN KAHMI Ahmad Dolly Kurnia Tanjung, serta para pengurus yang dilantik.

"HMI ini dilahirkan tahun 1947 setelah kemerdekaan (1945), ada Lafran Pane di sana (salah satu pendiri HMI). Tetapi sebenarnya dia (cikal bakal HMI) sudah ada sebelum merdeka, karena di situ ada tokoh-tokoh yang mengawal kemerdekaan. Saat itu juga ada gejolak (PKI)," ujar Gubernur, didampingi Kadis Kominfo Irman Oemar yang juga ikut dilantik sebagai Wakil Ketua KAHMI Sumut.

Soal sejarah kemerdekaan RI, Gubernur mengingatkan bahwa pada Piagam Jakarta yang kemudian menjadi landasan dibentuknya Pancasila sebagai Dasar Negara, pada poin pertama disebutkan, 'Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya'.(torong/bundo)