Pemkab Nias Selatan Gelar Orientasi Penyusunan RPJMD 2021-2026

11 Mei 2021

 


Nias Selatan | Indonesia Berkibar News - Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menggelar orientasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026, di Aula Kantor Bappeda, Jalan Saonigeho Km. 3.5 Teluk Dalam, Selasa (11/05/2021). 

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha,SH.,MH., didampingi Wakil Bupati, Firman Giawa,SH.,MH., Sekretaris Daerah, Ir. Ikhtiar Duha,MM., dan Kepala Bappeda, Abdiel Sonasa Amazihono,SSTP.,M.Ec.Dev., serta dihadiri Kepala Perangkat Daerah, dan Tim Penyusun RPJMD.

Bupati Nias Selatan menjelaskan pelaksanaan orientasi penyusunan RPJMD merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, dan Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Jangka Menengah Daerah (RPJPMD). 

Pada kesempatan itu, Bupati Hilarius Duha, mengharapkan penyusunan RPJMD tersebut mempedomani visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan. "Para Kepala Perangkat Daerah diharapkan memahami betul masalah-masalah yang ada, dan memahami program apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, serta menghindari ego sektoral," harap Hilarius Duha melalui arahannya.

Sementara dalam paparan Kepala Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Abdiel Sonasa Amazihono, menjelaskan tujuan pelaksanaan orientasi penyusunan RPJMD untuk penyamaan persepsi dan memberikan pemahaman terhadap berbagai peraturan perundang-undangan berkaitan dengan perencanaan pembangunan daerah yang erat hubungannya dengan dokumen perencanaan lainnya. (Mesiana Bu’ulolo/torong)