Desa Sekip Masuk Penilaian Lomba Desa / Kelurahan Tingkat Provinsi Sumut

18 Juni 2021


Lubuk Pakam | Indonesia Berkibar News
-Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang mengikuti Penilaian Lomba Desa / Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2021. Acara penilaian tersebut dipusatkan di Aula Kantor Desa Sekip, Jum’at (18/06/2021) Pagi.

Hadir pada acara tersebut, Tim 1 Penilai Lomba Desa / kelurahan Sumatera Utara yang juga Staf Ahli Bid. Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan Sumber daya alam (Setda Provsu) Dr. H. Tripriyono , SE,M.Si,Ak.CA beserta anggota Tim penilai, Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S.Sos didampingi Asisten I Citra Efendi Capah, Kadis PMD Drs Khairul Azman MAP, Kadis Naker Drs. Binsar TH Sitanggang, Kadis Ketapang Ir H Herry Lubis, Kadis Perindag Tengku M. Zaki Aufa, S.Sos, M.AP, Sekretaris Kominfo Safii Sihombing, SIP, M.AP, Camat Lubuk Pakam, Danang Purnama Yudha, SSTP. MAP beserta Muspika, Kades desa Sekip Sumardi dan Ketua PKK Desa Ny. Dewi Hendriyani Sumardi.

 Sekdakab Darwin Zein S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Sekip ini merupakan Desa Terbaik di Kecamatan Lubuk Pakam. Kenapa saya katakan baik, karena semua kinerja baik dari sisi pemerintahan, pembangunan dan mempunyai nilai plus yang sangat baik ,ini karena situasi Covid-19. Kalau tidak, mungkin kantor ini akan lebih baik lagi penataan dan pelayanannya.”Ucapnya

Lanjut Sekda mengatakan selain desa terbaik di Deli Serdang, Desa Sekip mampu dan memiliki tempat isolasi mandiri, apalagi di situasi Covid-19 seperti ini dimana banyak warga yang tidak mau diisolasi di Rumah Sakit bisa diisolasi di tempat ini yang langsung diawasi oleh Kadusnya.

“Jadi pihak Pemkab berani Mengajukan Desa Sekip ini sebagai salah satu Finalis dalam perlombaan Desa Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara, karena nilai plus yang tadi kami sebutkan,”Kata Sekda.

Gubernur Sumut pada sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bid. Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan Sumber daya alam (Setda Provsu) Dr. H. Tripriyono , SE,M.Si,Ak.CA menyampaikan bahwa perlombaan atau penilaian terhadap Pelayanan administrasi serta pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di tingkat Desa, apalagi di masa pandemi ini yang mana tadi saya dengar bahwa Desa Sekip ini masih Zona Kuning, tapi kita jangan pernah lengah karena suatu waktu situasi ini bisa berubah secara signifikan.

Gubsu memberi apresiasi atas kesiapsiagaan dari Desa Sekip atas pelaksanaan protokol kesehatan dimana ini merupakan langkah awal untuk memutus mata Rantai penyebaran Virus Covid 19.

Dr. H. Tripriyono menjelaskan tujuan perlombaan ini dilaksanakan dalam memberikan Motivasi kepada Desa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberdayakan masyarakat dalam kemandirian desa dan paling utama pada penilaian ini ialah dalam penanganan pasien Covid 19 ,dimana situasi sekarang kita diminta untuk mengutamakan pelayanan kesehatan karena ini merupakan salah satu kriteria penilaian juga jangan pembangunan kita maju tetapi kesehatan kita tidak, bisa jadi ini juga bukan kemajuan dari desa.

“Kami telah menerima usulan atas desa Sekip ini kami harap dengan adanya kegiatan kegiatan yang menonjol di desa ini dapat menjadi nilai bagi kami untuk memperlihatkan di tingkat Provinsi  dan kami harapkan dibuktikan dengan dokumentasi yang ada,”Kata  H. Tripriyono

Adanya pelayanan informasi secara digital sehingga semua informasi yang akan kita bagikan kepada seluruh masyarakat dapat dirasakan manfaatnya. Jika desa ini nanti nya menjadi Juara agar mempersiapkan dokumen untuk kegiatan ini yaitu : Paparan Kades Dan Ketua PKK Desa Sekip.(men/Nurdin)